Sunmi Mengaku Didiagnosis Menderita Gangguan Mental

Kamis, 17 Desember 2020 - 07:00 WIB
loading...
Sunmi Mengaku Didiagnosis Menderita Gangguan Mental
Sunmi membuat pengakuan yang menjeutkan. Dia didiagnosis mengalami gangguan mental. Hal itu diungkap dalam episode baru Running Mates Mnet 16 Desember lalu. Foto/Istimewa.
A A A
SEOUL - Sunmi membuat pengakuan yang menjeutkan. Dia didiagnosis mengalami gangguan mental. Hal itu diungkap dalam episode baru 'Running Mates' Mnet yang ditayangkan pada 16 Desember sebagai kelanjutan dari para wanita, Sunmi, Hani EXID, YooA Oh My Girls, Chung Ha, dan Chuu LOONA.

"Tidak apa-apa bagimu untuk istirahat jika keadaan sulit. Saat aku istirahat adalah ketika aku meninggalkan Wonder Girls. Saat itu, itu lebih memilukan daripada tubuhku sakit, debut solo dan bergabung dengan Wonder Girls lagi, tapi saya diberi banyak waktu untuk berpikir dan saya pikir saat-saat itu saya harus berpikir sendiri," kata Sunmi seperti dilansir Allkpop. (Baca juga: Waduh, Gelar Master Hong Jin Young Hasil Jiplak )

Sunmi kemudian berkata dengan hati-hati bahwa dirinya didiagnosis mengalami gangguan mental pada lima tahun lalu, dengan gangguan kepribadian ambang.

“Itu yang mengganggu saya, tapi saya merasa lega karena saya didiagnosis dan bisa berobat, dan saya membaik setelah minum obat. Namun, saya tetap harus melakukannya, menyelesaikan hal yang mendasar karena orang-orang di sekitar orang dengan gangguan kepribadian ambanglah yang mengalami banyak kesulitan," bebernya yang menitikkan air mata.

"Mungkin saat itulah saya benar-benar harus berhenti sebentar. Sejujurnya, kami debut sangat muda dan memulai hidup kami di masyarakat. Kami menghabiskan waktu kami di dalam mobil selama usia ketika rasa diri sendiri terbentuk,” sambung Sunmi.

Masa muda yang padat ini yang menjadi penyebab dirinya mengalami gangguan. Sunmi mengaku melewai masa puber, tidak seperti remaja lainnya.

“Itulah mengapa lebih penting bagi kita untuk melihat kembali diri kita sendiri dan bertanya apa yang kita suka lakukan, apa yang kita kuasai. Penting juga bagi kita untuk memenuhi emosi kita sendiri. Jadi saya mulai sedikit menyadari bahwa saya melewati masa puber, dan saya lebih baik sekarang. Saya mengurangi pengobatan saya. " Kemudian Sunmi menambahkan, "Saya kuat, tidak, saya menjadi lebih kuat," tuturnya. (Baca juga: Dibentak Arya Saloka, Amanda Manopo Langsung Nangis )

Sedangkan gangguan kepribadian ambang mengacu pada penyakit mental serius yang ditandai dengan ketidakstabilan suasana hati, hubungan interpersonal. Gejala termasuk ketidakstabilan emosional, perasaan tidak berharga, tidak aman, impulsif, dan gangguan hubungan sosial.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)