Film KADET 1947 Tumbuhkan Kepercayaan Anak Muda untuk Bela Negara

Kamis, 16 April 2020 - 19:42 WIB
loading...
Film KADET 1947 Tumbuhkan Kepercayaan Anak Muda untuk Bela Negara
Film KADET 1947 bisa menumbuhkan kepercayaan diri anak muda zaman sekarang untuk membela negara. Film ini berlatar sejarah yang menceritakan perjuangan para kadet. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - KADET 1947 merupakan film berlatar sejarah yang menceritakan perjuangan para kadet atau siswa angkatan udara (taruna) yang melakukan aksi pengeboman pertama dalam upaya mempertahankan kemerdekaan bangsa kala Agresi Militer Belanda I di 1947.

Kisah ‘untold stories’ memperlihatkan bagaimana potensi dan keberanian para pemuda itu saat melakukan serangan udara ke tentara Belanda di beberapa wilayah yang diduduki saat itu, yaitu Ambarawa dan Semarang.

Dengan segala keterbatasan peralatan dan senjata, mereka berhasil melaksanakan serangan balik atas Agresi Militer Belanda I pascapelanggaran Perjanjian Linggarjati oleh Belanda.

Temata Studios (Telinga Mata Nusantara) selaku rumah produksi film dan visual kreatif KADET 1947 berharap film tersebut mampu menjadi refleksi bagi pemuda masa kini untuk menemukan berbagai potensi terpendam mereka dan mengambil peran masing-masing untuk mempertahankan tanah air dalam situasi apapun.

Film yang juga didukung penuh rumah produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures ini mengumumkan deretan produser, sutradara, dan para aktor/aktris. Adapun bintang utama film ini, yani Ario Bayu, Ibnu Jamil, dan Mike Lucock. Sementara, Melly Goeslaw akan terlibat sebagai salah satu pengisi soundtrack film ini.

Produser KADET 1947 Celerina Judisari menyatakan banyak nilai yang bisa dipetik dari film KADET 1947 yang menginspirasi dan mendorong kepercayaan diri generasi muda untuk memberikan potensi terbaik mereka bagi negara.

“Terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti ini, kita sebenarnya menghadapi situasi yang sama, yakni ancaman terhadap keberlangsungan hidup masyarakat. Saat ini, memang bukan penjajah yang harus kita hadapi jadi tidak perlu angkat senjata untuk berperang seperti apa yang dilakukan para kadet di tahun 1947,” kata Celerina.

“Tapi upaya sekecil apapun dari para pemuda saat pandemi ini adalah perjuangan yang mulia. Berperan positif untuk tetap produktif #dirumahaja serta membatasi kegiatan di luar, itu adalah perjuangan mulia yang bisa kita lakukan saat ini,” tambahnya.

Peluncuran Film KADET 1947 awalnya direncanakan pada Agustus 2020 untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Namun, proses produksi yang dimulai sejak awal Maret 2020 ini harus mengalami penundaan karena pandemi COVID-19. Film KADET 1947 direncanakan untuk kembali memulai proses produksinya pada bulan Juni 2020.

Produser KADET 1947 Tesadesrada Ryza mengatakan pandemi virus corona bertepatan dengan hari pertama syuting. “Kami langsung menerapkan protokol kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran virus di lokasi. Namun, demi kebaikan bersama maka kami akhirnya memutuskan menunda kegiatan syuting yang tengah berlangsung,” bebernya.

Menurut Ryza, film drama berlatar belakang peristiwa sejarah ini masih jarang dibuat dibandingkan dengan tema film populer lainnya, terlebih yang mampu menarik perhatian generasi muda. Untuk itu, film KADET 1947 mengusung konsep yang terinspirasi dari sejarah dengan tambahan pengembangan cerita sebagai daya tarik bagi generasi muda.

Film KADET 1947 ini pun mendapat dukungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya AU (Angkatan Udara), karena cerita pada film ini terinspirasi dari salah satu babak sejarah TNI AU yang belum banyak diketahui masyarakat pada umumnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)