Natasha Mannuela Gaungkan Gerakan #NasiTelorCeplok dan #JagaPangan

Kamis, 16 April 2020 - 21:00 WIB
loading...
Natasha Mannuela Gaungkan Gerakan #NasiTelorCeplok dan #JagaPangan
Natasha Mannuela kini semakin aktif memperkenalkan misi sosial komunitas Food Cycle kepada masyarakat. Foto/SINDOmedia/Thomasmanggalla
A A A
JAKARTA - Miss Indonesia 2016 Natasha Mannuela Halim prihatin melihat situasi krisis saat ini, di mana banyak masyarakat terdampak tak hanya dari sisi kesehatan, juga ekonomi. Maka, bersama komunitas Food Cycle, Acha -sapaan akrabnya- tergerak untuk ikut mendukung program COVID-19 Emergency Food Relief lewat dua gerakan bertajuk #NasiTelorCeplok dan #JagaPangan.

Gerakan #NasiTelorCeplok ditujukan untuk masyarakat kalangan bawah yang terkena dampak sosial dan ekonomi dari wabah COVID-19. Sementara, gerakan #JagaPangan merupakan bantuan makanan buat tenaga medis yang berjuang di garda terdepan untuk mengatasi krisis kesehatan ini.

Acha yang awalnya hanya berperan sebagai sukarelawan Food Cycle, belakangan semakin aktif memperkenalkan misi sosial komunitas tersebut. Harapannya, awareness masyarakat untuk terlibat dalam setiap kegiatan Food Cycle semakin meningkat, yang pada akhirnya kalangan yang membutuhkan bakal mendapatkan manfaatnya.

"Sekarang saya jadi yang mengurus bagian marketing Food Cycle. Jadi semua yang terkait pemasaran organisasi ini, awareness, dan lain-lain saya bantu urus," kata Acha melalui pesan singkat kepada SINDOmedia, Kamis (16/4).

Wanita yang pernah meraih penghargaan Best Business Development Project bersama timnya dalam mengelola bisnis “LOCAPOCA SANDAL” pada 2014 itu mengungkapkan, gerakan #NasiTelorCeplok merupakan inisiatif Food Cycle bekerja sama dengan Zomato. Gerakan ini untuk membagikan bahan makanan pokok berisi nasi, minyak, telur, kecap, dan bumbu dapur bagi kaum kurang mampu agar tetap bisa mencukupi kebutuhan gizi harian mereka.

Telur ceplok, kata Acha, meski terkesan sederhana sesungguhnya mengandung protein, vitamin, dan mineral yang cukup lengkap sehingga bisa menjadi alternatif lauk yang sangat terjangkau namun bergizi tinggi. Dengan gerakan #NasiTelorCeplok, diharapkan kecukupan kalori dan gizi kaum marjinal tetap terjaga.

Food Cycle menggandeng empat yayasan penyalur bantuan untuk melakukan distribusi makanan kepada mereka yang membutuhkan. Food Cycle juga menerima sumbangan/sponsor berupa makanan dari perusahaan-perusahaan seperti Unilever, Upfield, dan Mondelez.

Melengkapi #NasiTelorCeplok, Food Cycle menginisiasi pula gerakan #JagaPangan bagi tenaga medis. Tujuannya untuk memastikan tenaga kesehatan selalu prima dalam menjalankan tugas. Untuk gerakan ini, Food Cycle bakal mengirimkan makanan siap santap ke 17 rumah sakit.

Sejauh ini, Food Cycle telah mendistribusikan 4 ton beras, 25.000 butir telur, 1.800 botol minyak, dan 1.800 botol kecap manis yang dibagikan kepada keluarga prasejahtera. Juga mengirimkan kurang lebih 300 paket makanan siap santap untuk tim medis per hari. Diperkirakan 2.000 paket makanan bakal disumbangkan kepada tenaga medis per minggu.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)