Ini Cara Membersihkan Rumah dari Polutan Udara

Jum'at, 18 Desember 2020 - 12:43 WIB
loading...
Ini Cara Membersihkan Rumah dari Polutan Udara
Ini Cara Membersihkan Rumah dari Polutan Udara
A A A
Sejak pandemi Covid-19 terjadi semua kegiatan anggota keluarga terpusat di rumah. Bagi pekerja, mereka bekerja dari rumah, dan bagi pelajar atau mahasiswa, mereka belajar dari rumah. Rumah menjadi berubah fungsi. Tidak hanya sebagai tempat istirahat, dan aktivitas keluarga, tetapi juga berfungsi sebagai ruang kelas dan ruang kantor.

Bahkan kita bisa katakan, 24 jam, kegiatan sebagian besar masyarakat, saat ini dituntaskan di rumah. Oleh karena itu, situasi dan kondisi rumah, harus selalu dijaga lebih dari biasanya. Mulai dari kenyamanan, kebersihan hingga kualitas udaranya.

Mengingat, meskipun di dalam rumah, faktanya, ada polutan yang hadir tanpa kita sadari tetapi cukup berpengaruh pada tingkat kesehatan. Jika tidak segera diatasi, polutan ini bisa memicu berbagai reaksi alergi, mulai dari batuk, bersin, hingga gangguan pernapasan, seperti hidung mampat dan sesak. mendatangkan alergi.

Polutan udara yang tanpa kita sadari kehadirannya misalnya, debu, serbuk sari, asap rokok, jamur hingga bulu hewan peliharaan. Sehingga sangat penting ada tindakan untuk mengurangi paparan polutan di dalam rumah, agar lebih segar udara di rumah dan tentunya mendatangkan kenyamanan saat bekerja dari rumah.

Lantas, apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi polutan udara agar kualitas udara di rumah menjadi baik?

1. Membersihkan Benda-benda di dalam Rumah
Salah satu langkah membersihkan rumah dari polutan udara yaitu membersihkan benda-benda di dalam rumah. Mulai dari membersihkan karpet atau sofa dengan vakum cleaner atau penyedot debu, membersihkan ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi, menjaga hewan peliharaan tidak menjangkau area tempat tidur.

Selain itu, cobalah mencuci perlengkapan tempat tidur, seperti sprei, sarung bantal, dan selimut, dengan air hangat. Dan penting juga diterapkan, jika anggota keluarga ada yang merokok, buatlah aturan tidak boleh merokok di dalam rumah.

2. Meletakkan Tanaman di dalam Rumah
Untuk menyegarkan udara di dalam rumah, kita bisa meletakkan sejumlah tanaman. Selain memperindah ruangan, tanaman di dalam rumah juga bisa menjadi cara alami untuk meningkatkan kualitas udara, terutama di ruang tertutup dengan sedikit aliran udara. Karena tanaman mampu menyerap racun berbahaya dan polutan yang dilepaskan bahan sintetis dalam ruangan, seperti perabotan dan karpet.

3. Jaga Kelembapan Udara
Untuk menjaga kelembapan udara caranya sangat mudah. Diantaranya buka jendela setiap pagi agar udara segar masuk ke dalam rumah. Selain itu, jangan biarkan asap dapur terjebak dalam rumah. Jadi gunakan kipas di dapur untuk menghilangkan asap masakan. Kita juga jangan membiarkan pipa yang bocor jika memang itu ada. Pipa yang bocor dapat menyebabkan udara menjadi lembab.

4. Menggunakan Alat Penjernih Udara
Adapun cara mudah dan efektif untuk meningkatkan kualitas udara agar bebas dari kuman, virus dan bakteri adalah menggunakan alat penjernih udara atau Air Purifier. Kemampuan air purifier untuk membersihkan udara bisa mencapai 99 persen. Besar bukan?
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)