Akses Lebih Mudah, Masyarakat Didorong Manfaatkan Layanan Kesehatan Digital

Sabtu, 19 Desember 2020 - 00:01 WIB
loading...
Akses Lebih Mudah, Masyarakat Didorong Manfaatkan Layanan Kesehatan Digital
Berdasarkan data BPS dijelaskan bahwa masyarakat sudah mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. / Foto: Ilustrasi/Nordic Innovation
A A A
JAKARTA - Apotek online Lifepack bersama pusat vitamin personal Jovee kembali menghadirkan diskusi daring We The Health melalui Live Instagram. Kali ini, diskusi We The Health mengangkat tema Antisipasi Libur Akhir Tahun, Persiapan Kesehatan Menyambut Tahun 2021 dengan narasumber Rico Mardiansyah SH, MH dari Sehatpedia Kementerian Kesehatan RI.

(Baca juga: Ingin Tubuh Langsing? Yuk Diet Sehat dengan Konsumsi Makanan Ini! )

Tema tersebut diangkat dalam diskusi yang melibatkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia itu sebagai upaya menjawab kekhawatiran masyarakat akan isu kesehatan , serta hal apa saja yang perlu dipersiapkan dari sisi kesehatan untuk menyambut 2021.

Rico Mardiansyah memaparkan, banyak hal yang perlu diantisipasi dan dipersiapkan. "Guna menekan angka penyebaran virus corona , pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dengan memangkas libur akhir tahun untuk mencegah adanya potensi kerumunan," ujar dia.

"Selain itu, pemerintah juga telah menerbitkan aturan kewajiban melakukan test Rapid Antigen bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan sesuai dengan daerah yang memiliki potensi penyebaran virus, di antaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Bali, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta," lanjutnya.

Sejauh ini, menurut Rico, perkembangan kasus virus corona di Indonesia berdasarkan data memang masih terus mengalami peningkatan. "Tentunya masyarakat harus tetap waspada untuk menekan angka tersebut dengan meningkatkan kesadaran yang tinggi agar terus mematuhi protokol kesehatan yaitu 3M, Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak," ungkap Rico.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengadakan survei terhadap 90.967 responden mengenai Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 selama periode 1-7 September 2020. Hasil survei tersebut menunjukan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat dalam pencegahan virus corona sudah sangat baik. Data menunjukan bahwa 91,8% masyarakat menggunakan masker, 77,1% menggunakan hand sanitizer, dan 76,69% menghindari kerumunan.

"Berdasarkan data dari BPS dijelaskan bahwa masyarakat sudah mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Tapi ada yang menarik terkait data tersebut, yaitu dalam hal memakai masker, perempuan lebih patuh terhadap anjuran tersebut dengan persentase 94% dibanding laki-laki hanya 88%. Sedangkan untuk menghindari kerumunan, perempuan lagi-lagi lebih patuh yaitu 81%, laki-laki hanya 71% tingkat kepatuhannya," papar Rico.

"Saya berharap tingkat kepatuhan protokol kesehatan akan terus meningkat. Di samping meningkatkan protokol kesehatan, sebagai langkah awal perlunya meningkatkan daya tahan tubuh dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi vitamin. Saya sendiri rutin sekali setiap hari mengonsumsi vitamin D, C, dan Zinc. Kandungan vitamin ini saya dapatkan dari rekomendasi dokter serta pengalaman dari rekan-rekan yang telah terkena Covid-19," lanjutnya.

Rico juga mengutarakan, di tengah pandemi ini, banyak inovasi teknologi kesehatan yang hadir untuk masyarakat, seperti Sehatpedia, Jovee, dan apotek online Lifepack. "Harusnya masyarakat dapat memanfaatkan itu dengan baik. Karena itu memberikan kemudahan akses bagi kita untuk mendapatkan layanan kesehatan," katanya.

(Baca juga: Tak Hanya Alpukat, Ini Makanan Lemak Baik yang Bisa Turunkan Berat Badan )

Sebagai penyedia layanan obat terlengkap, Lifepack memberikan inovasi untuk penderita penyakit kronis, dan turut mendukung pemerintah dalam menekan angka penyebaran virus corona. Sementara Jovee sebagai pusat vitamin personal terlengkap, menyediakan seluruh kebutuhan harian vitamin dan suplemen dengan didukung dokter dan apoteker yang ahli di bidangnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)