Agar Waspada, 4 Hal Ini Bisa Hindari Modus Penipuan Program Undian

loading...
Agar Waspada, 4 Hal Ini Bisa Hindari Modus Penipuan Program Undian
Masyarakat diharapkan selalu cermat ketika menerima informasi terkait undian berhadiah. Foto Ilustrasi/Kaspersky
JAKARTA - Masyarakat perlu waspada terhadap modus penipuan berkedok undian berhadiah karena berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serangan siber sejak Januari hingga Agustus 2020 tercatat 189.937.542 kasus atau hampir lima kali lipat dari tahun sebelumnya. Salah satu modus yang paling banyak tercatat adalah "phising".

Secara sederhana, "phising" dilakukan penipu dengan cara memberikan calon korban tautan ke sebuah situs web palsu yang akan mencuri data pribadi korban seperti nama lengkap, alamat, hingga nomor kartu kredit atau bentuk identitas perbankan lain. Lalu, bagaimana masyarakat bisa menghindari modus penipuan berkedok undian berhadiah?

(Baca Juga: Tips Seru Mengisi Liburan di Rumah Saja, Dijamin Anti-Boring )

“AQUA selaku penyelenggara program undian #HatiHarusOptimis yang tengah berlangsung mengimbau agar masyarakat selalu cermat ketika menerima informasi terkait undian berhadiah,” kata Marketing Manager AQUA Jeffri Ricardo.



"Kenali tanda-tanda informasi yang mencurigakan dan jangan segan menghubungi call center penyelenggara," tambahnya.

Berikut adalah empat hal yang masyarakat dapat cermati ketika menerima informasi terkait undian berhadiah.

1. Cermati Alamat Situs Web (URL) yang Akan Diklik
Modus "phising" akan mengarahkan calon korban ke alamat situs web palsu yang mirip dengan situs web asli. Bagi mata yang kurang cermat, besar kemungkinan alamat-alamat palsu ini terlihat sama dengan yang asli. Untuk itu, pastikan Anda telah mengetahui situs resmi dari penyelenggara undian berhadiah dan mengenali tampilan pada halaman situs tersebut.



2. Cermati Pengirim Pesan yang Menghubungi Anda
Modus penipuan dapat dilakukan melalui berbagai platform, salah satu yang umum digunakan adalah WhatsApp. Salah satu cara yang paling efektif untuk mengantisipasi modus penipuan adalah memperhatikan nomor akun yang menghubungi Anda. Karena itu pastikan nomornya sesuai dengan nomor yang tercantum di situs dan media sosial resmi pihak penyelenggara.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top