Jangan Anggap Sepele Sentuhan Ibu pada Bayi, Efeknya Luar Biasa Lho!

Rabu, 23 Desember 2020 - 08:44 WIB
loading...
Jangan Anggap Sepele Sentuhan Ibu pada Bayi, Efeknya Luar Biasa Lho!
Sentuhan merupakan elemen fundamental yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan perkembangan otak bayi. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Sentuhan merupakan elemen fundamental yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh dan perkembangan otak bayi. Menurut riset yang sudah dilakukan, efek sentuhan dapat memengaruhi perkembangan fisik, kemampuan berbahasa, kemampuan kognitif, serta kompetensi sosial dan emosional si kecil.

Professor of Neuroscience Liverpool JM University Francis McGlone memaparkan temuannya tentang efek sentuhan pada bayi.

( )

“Sentuhan yang lembut tidak hanya dapat memengaruhi perkembangan otak bayi, tapi juga membantu mendukung sistem kekebalan, memengaruhi suasana hati, tingkat stres, dan banyak manfaat yang lain,” ucap Prof. Francis dalam "Virtual Talkshow Cussons Baby Powder", belum lama ini.

Menurutnya, pengalaman sentuhan yang pertama kali dialami oleh bayi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan lanjutan selama hidupnya. “Jadi, sentuhan secara ilmiah memang dapat menghasilkan pertumbuhan anak yang optimal,” ucap Prof. Francis.

Penelitian juga membuktikan bahwa neurofibre yang ada di seluruh tubuh kita akan merespon lebih optimal melalui sentuhan lembut dan penuh kasih sayang. Neurofibre banyak terdapat di area belakang kepala, sekitar wajah, dan area perut.

Selain itu, para ahli dari tim riset Cussons juga menemukan bahwa sentuhan yang lembut dapat memengaruhi perkembangan otak dan emosi melalui sebuah sistem pada saraf di dalam kulit bayi yang merespon sentuhan orangtuanya.

Head of Marketing Cussons Baby and Cussons Kids Rahma Anna Setyani menyatakan, dengan misi dan komitmen yang kuat untuk membantu mendampingi ibu dan si kecil sepenuh hati, pihaknya menghadirkan produk inovatif terkini. Kali ini, PZ Cussons Indonesia secara resmi memperkenalkan Cussons Baby Powder dengan tiga wangi baru yaitu Sakura, Vanilla, dan Mixed Berry.

( )

“Apabila dipadukan dengan sentuhan lembut dalam pengaplikasiannya, produk baru ini bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati bayi sekaligus memberikan rasa tenang bagi orangtua,” ujar Rahma.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1483 seconds (0.1#10.140)