Fakta Nih, Emak-Emak Sulit Kelola Keuangan

Kamis, 24 Desember 2020 - 10:55 WIB
loading...
Fakta Nih, Emak-Emak Sulit Kelola Keuangan
Sebuah survei menunjukkan bahwa ibu rumah tangga kebanyakan masih kesulitan mengelola keuangan, terutama di masa pandemi. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pengelolaan keuangan keluarga menjadi salah satu tantangan tersendiri yang dihadapi oleh para ibu rumah tangga , khususnya di masa pandemi Covid-19. Setidaknya, 7 dari 10 "emak-emak" mengaku kesulitan dalam mengelola keuangan keluarga, dan hanya 1 dari 10 ibu yang benar-benar melakukan pencatatan keuangan selama masa pandemi.

Fakta ini terungkap dari survei yang dilakukan platform pembayaran digital, rewards dan layanan finansial OVO kepada 367 responden di Jabodetabek dan sekitarnya.

(Baca Juga: Perlunya Pengelolaan Keuangan di Masa Pandemi)

Selain dana darurat, dana untuk asuransi dan investasi juga sepatutnya menjadi hal utama yang disiapkan dalam menghadapi masa pandemi. Tapi ternyata hanya 3 dari 10 ibu yang mengalokasikan dana untuk asuransi, dan hanya 8% ibu yang menganggap investasi sebagai prioritas dalam pengelolaan keuangan keluarga.

Head of Corporate Communications OVO Harumi Supit mengatakan bahwa dengan temuan survei ini pihaknya merasa tergerak untuk mengajak masyarakat agar lebih menghargai peran ibu.

"Kami di OVO menyadari bahwa bukan hal yang mudah bagi keluarga manapun, khususnya para ibu yang berperan dalam mengurus banyak hal di rumah tangga, dalam mengelola keuangan keluarga, selama masa pandemi ini," kata Harumi dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (24/12/2020).

(Baca Juga: Piye Iki Gaes! Separuh Rakyat RI Nggak Ngerti Literasi Keuangan)

Menurutnya, dengan rendahnya tingkat literasi keuangan, yang baru 38%, khususnya pada wanita di Indonesia, pihaknya berharap edukasi mengenai literasi keuangan, termasuk manfaat keuangan digital. Dengan literasi keuangan yang lebih baik, diharapkan para ibu dapat mengatur keuangan keluarga dengan lebih baik.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1446 seconds (0.1#10.140)