DKI Jakarta Siap Jadi Pusat Karya Kreatif Tanah Air

Kamis, 24 Desember 2020 - 15:45 WIB
loading...
DKI Jakarta Siap Jadi Pusat Karya Kreatif Tanah Air
Jakarta siap menjadi hub atau pusat bagi segenap karya kreatif di Tanah Air. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta bersama Katapel.ID menggelar Katapel Jakarta, sebuah program bimbingan teknis CHSE dan komersialisasi produk kreatif berbasis kekayaan intelektual di The Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan, 20-23 Desember 2020. Besarnya potensi ekonomi dari aneka produk turunan dari karya-karya berbasis kekayaan intelektual menjadi dasar dari pelaksanaan acara ini.

(Baca juga: Jelang Kepala Tiga, 7 Idol Ini Masih Tampak Bening, Siapa Saja Mereka? )

Pada kegiatan Bimtek ini peserta dibekali pengetahuan tentang kekayaan intelektual, pengembangan hak kekayaan intelektual kreatif dan cara komersialisasinya. Bukan itu saja, peserta juga difasilitasi untuk mendaftarkan merek hak kekayaan intelektual (HKI) mereka.

Plt. Kepala Disparekraf DKI Jakarta, Gumilar Ekalaya mengungkapkan, Jakarta siap menjadi hub (pusat) bagi segenap karya kreatif di Tanah Air. "Kreativitas anak-anak muda di Jakarta memiliki potensi yang sangat besar untuk kita kembangkan," ujarnya seperti dikutip dari pernyataan resminya, Kamis (24/12).

"Sebagai bentuk nyata dari semangat city of collaboration, pemerintah hadir melalui kegiatan ini. Harapannya lebih banyak anak muda mengerti industri kekayaan intelektual, dan mendapatkan nilai ekonomi yang maksimal. Sehingga Jakarta akan dikenal sebagai ekosistem yang tepat bagi para kreator," lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Praktisi Lisensi Senior, Bambang Sutedja berpendapat jika industri kekayaan intelektual kreatif mempunyai masa depan yang cerah. "Di masa pandemi ini, ketika taman wahana mengalami penurunan yang drastis dari sisi pengunjung, Disney beralih ke Disney+ dan menjadi salah satu penyelamat mereka," ungkapnya.

"Kita, kreator Indonesia bisa segera mengambil bagian di dalamnya melihat kita mempunyai potensi yang tinggi," lanjut Bambang sembari merujuk Bumilangit yang baru-baru ini menjalin kerjasama dengan Disney+ Hotstar.

Sementara itu, Program Director Katapel.ID, Robby Wahyudi menyampaikan harapannya agar program ini bisa menjadi kesempatan bagi para peserta untuk kian mengetahui berbagai hal seputar komersialisasi kekayaan intelektual.

(Baca juga: Ikuti Jejak Keanu, Fadil Jaidi Mantap Buka Outlet Minuman Kekinian )

"Ajang ini dirasakan perlu sebab selama ini banyak kreator memiliki kekayaan intelektual namun kesulitan melakukan komersialisasi. Melalui program ini pemilik brand bisa mengenal langsung dan melihat sudah seberapa jauh komersialisasi kekayaan intelektual lokal, yang mana mempunyai potensi besar untuk bersanding dengan kekayaan intelektual dunia. Forum ini juga sebagai upaya dari program Katapel untuk menciptakan ekosistem bagi pelaku ekonomi kreatif," paparnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2661 seconds (0.1#10.140)