7 Resep Hidangan Natal Praktis yang Cocok buat Kaum Jomblo

Jum'at, 25 Desember 2020 - 13:22 WIB
loading...
7 Resep Hidangan Natal Praktis yang Cocok buat Kaum Jomblo
Bagi kaum jomblo jangan khawatir, terdapat beberapa resep hidangan yang praktis untuk merayakan Natal. / Foto: Ilustrasi/Delish
A A A
JAKARTA - Umat Kristiani tepat pada hari ini, Jumat (25/12/2020), merayakan hari raya Natal . Banyak hal yang dilakukan dalam menyambut Natal, dari mendekorasi rumah, memberikan hadiah, ibadah, hingga makan bersama.

(Baca juga: Resep Kue Pohon Natal, Mudah Tanpa Proses Memanggang )

Natal adalah tentang kegembiraan, tawa dan kebahagiaan. Makan malam Natal secara tradisional menampilkan berbagai hidangan manis dan gurih termasuk kalkun dengan isian, mashed potatoes, saus cranberry, dan sayuran, pai labu atau apel, puding kismis, puding Natal, atau kue buah, dan lainnya.

Namun, bagi kaum jomblo alias bujangan atau orang yang tinggal jauh dari keluarga, sulit untuk menyiapkan hidangan tradisional Natal karena membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Tapi jangan khawatir, berikut ini ada beberapa resep untuk merayakan Natal yang hanya membutuhkan lima bahan seperti dilansir Times of India.

1. Wortel Panggang Thyme

Panaskan oven sampai 200 derajat Celcius. Oleskan 1/2 kg wortel (dibelah dua memanjang) dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Dalam mangkuk kecil, campur 2 sdm, thyme segar cincang, 2 sdm minyak canola, 1 sdm madu dan 1 sdt garam. Olesi wortel dan panggang selama 20-25 menit atau sampai empuk.

2. Ham Nanas Gula Merah

Panaskan oven dengan suhu 160 derajat Celcius. Tempatkan 1 tulang ham yang sudah matang di atas rak di wajan pemanggang yang dangkal. Dengan menggunakan pisau tajam, gores permukaan ham dengan potongan sedalam 1/2 inci dengan pola wajik. Tutup dan panggang selama 1-1 / 2 jam. Dalam mangkuk kecil, campur 1 sdm mustard, 1 kaleng nanas tumbuk atau nanas segar, 1/4 sdtcengkeh bubuk dan 1 cangkir gula merah. Oleskan adonan di atas ham, tekan adonan menjadi potongan. Panggang tanpa tutup selama 30-60 menit sampai matang.

3. Ayam Panggang

Panaskan oven sampai 200 derajat Celcius. Untuk bumbu, campur 3/4 sdt garam bawang merah, garam seledri dan garam berbumbu dan 1/2 sdt lada. Letakkan 2 ekor ayam utuh di atas rak dalam wajan panggang, dengan dada menghadap ke atas. Gosok bumbu di bagian luar dan dalam ayam. Selipkan di bawah sayap, ikat menjadi satu stik drum. Panggang hingga termometer terpasang di bagian paha paling tebal bertuliskan 75 derajat Celcius (1-1 / 2 jam). Keluarkan dari oven dan tutup dengan alumunium foil. Biarkan selama 15 menit sebelum disajikan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)