5 Cara Tingkatkan Kesehatan Mental Selama dan Setelah Natal

Jum'at, 25 Desember 2020 - 16:04 WIB
loading...
5 Cara Tingkatkan Kesehatan Mental Selama dan Setelah Natal
Berikut lima tips dasar untuk membantu meningkatkan kesehatan mental selama dan setelah Natal. / Foto: Ilustrasi/The Independent
A A A
JAKARTA - Natal adalah waktu untuk berbagi makanan dan bersenang-senang dengan orang terdekat dan tersayang. Bagi sebagian besar orang, hal tersebut tidak mungkin terjadi tahun ini. Dengan adanya pembatasan perjalanan dan karantina, setiap orang perlu menyesuaikan.

(Baca juga: 7 Resep Hidangan Natal Praktis yang Cocok buat Kaum Jomblo )

Pada saat keluarga dan teman biasanya menjadi yang paling dekat, tahun ini, mereka akan semakin jauh. Menjaga kesehatan mental dengan cara proaktif menjadi lebih penting dari sebelumnya saat memasuki musim liburan. Berikut lima tips dasar untuk membantu meningkatkan kesehatan mental selama dan setelah Natal seperti mengutip Medical News Today.

1. Tidur

Kurang tidur bisa mengganggu mood. Ini didukung oleh penelitian, di mana kurang tidur memperkuat efek emosi negatif dari peristiwa yang mengganggu sekaligus mengurangi efek positif dari peristiwa yang meningkatkan tujuan.

Dengan kata lain, jika tidak cukup tidur, seseorang cenderung merasa negatif ketika ada yang tidak beres, dan cenderung merasa tidak enak ketika semuanya berjalan dengan baik.

Demikian pula, penelitian lain menemukan bahwa individu menjadi lebih impulsif dan mengalami pengaruh yang kurang positif setelah periode tidur yang singkat. Sekali lagi, durasi tidur yang berkurang tampaknya mengurangi mood.

2. Tetap aktif

Para peneliti telah menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan suasana hati baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sebuah ulasan yang diterbitkan pada 2019, misalnya, menemukan hubungan antara kebugaran kardiorespirasi dan risiko gangguan kesehatan mental yang umum.

Demikian pula meta-analisis pada 2018 menyimpulkan bahwa bukti yang tersedia mendukung gagasan bahwa aktivitas fisik dapat memberikan perlindungan terhadap munculnya depresi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)