Masih Ingin Liburan saat Pandemi? Perhatikan 5 Tips Ini

Jum'at, 25 Desember 2020 - 23:03 WIB
loading...
Masih Ingin Liburan saat Pandemi? Perhatikan 5 Tips Ini
Jika Anda dan keluarga sudah terlanjur membuat jadwal untuk berlibur, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap aman dari paparan Covid-19. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Pandemi covid-19 masih belum menunjukkan tanda mereda atau menghilang. Delapan provinsi menunjukkan angka kematian akibat virus corona yang cukup tinggi. Karena itu, dokter menyarankan untuk mengganti lokasi berlibur agar Anda dan keluarga terhindar dari paparan Covid-19.

Adapun 8 provinsi yang memperlihatkan covid-19 cukup tinggi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Bali, dan Kalimantan Selatan. (Baca juga: Wow, Ivan Gunawan Ajak Pacar Liburan ke Bali )

"Karena kasus kematiannya tinggi di 8 provinsi tersebut, kami menyarankan agar menghindari wilayah tersebut untuk berlibur karena wilayah itu memiliki banyak destinasi yang menarik, sehingga banyak wisatawan yang akan datang berkunjung," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Evasari Hospital dr Nugraheni Irda, Sp.PD.

Dokter Nugraheni menyarankan agar libur akhir tahun ini tidak dilakukan dengan bepergian. "Ya, idealnya liburan di rumah saja," ujatnya.

Tapi, jika Anda dan keluarga sudah terlanjur membuat jadwal untuk berlibur, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar tetap aman dari paparan Covid-19. Berikut ulasannya.

1. Sebisa mungkin berlibur dengan orang rumah (bukan bersama keluarga jauh, apalagi orang asing yang tidak diketahui latar belakangnya).
2. Tetap mematuhi protokol 3M (mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir sesering mungkin, menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter, dan menjauhi kerumunan, serta memakai masker dengan benar).
3. Memilih tempat wisata yang tidak berpotensi menciptakan kerumunan. (Baca juga: Liburan di Bali, Harus Mampir Ke Warung Makan Khas Pulau Dewata! )
4. Hindari tempat-tempat tertutup dan kunjungi tempat terbuka. Kurangi durasi kunjungan.
5. Pastikan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, berhenti merokok, dan jaga kesehatan mental.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2159 seconds (0.1#10.140)