6 Makanan yang Membantu Mengembalikan Bau dan Rasa akibat Covid-19

Sabtu, 26 Desember 2020 - 10:03 WIB
loading...
6 Makanan yang Membantu Mengembalikan Bau dan Rasa akibat Covid-19
Kehilangan bau dan rasa menjadi salah satu gejala yang membingungkan dan menjadi gejala langka dari covid-19. Untuk mengatasi hal ini mungkin butuh waktu lama. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kehilangan bau dan rasa menjadi salah satu gejala yang paling membingungkan dan menjadi gejala langka dari covid-19 .

Yang lebih menyedihkan adalah dari semua gejala, hilangnya bau dan rasa terkait COVID-19 mungkin butuh waktu lama untuk pulih. (Baca juga: Diperkirakan Sudah Masuk Indonesia, Virus Inggris Bisa Ganggung Vaksinasi Covid-19 )

Kesaksian pasien merinci betapa menyebalkan kehilangan bau dan rasa. Bahkan, aroma yang paling biasa sekalipun bakal membuat nafsu makan menjadi hilang, yang efeknya dapat memperlambat pemulihan.

Secara alami, mendapatkan kembali indra penciuman dan rasa sangat penting, tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan. Meskipun tidak ada obat yang terbukti untuk mengatasi gejala ini, seperti dilansir Times of India, ada pilihan makanan yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali indra perasa dan penciuman agar pulih lebih cepat. Berikut ulasannya.

1. Biji karom
Menggunakan ajwain atau biji karom dianggap sebagai obat terpercaya untuk melawan pilek dan alergi. Bumbu India ini memiliki bau dan rasa yang pahit dan pada saat yang sama, meningkatkan fungsi indra penciuman dan kemampuan seseorang untuk mencium. Ini mungkin retasan yang bagus untuk dicoba jika indera penciuman dan perasa yang terganggu.

Salah satu pengobatan rumahan menyarankan membungkus satu sendok penuh biji karom dengan kain atau serbet dan kemudian menghirup aromanya sambil menarik napas dalam-dalam. Ini bisa dicoba beberapa kali sehari.
6 Makanan yang Membantu Mengembalikan Bau dan Rasa akibat Covid-19

2. Bawang putih
Bawang putih telah muncul sebagai obat anti-virus dan peningkat kekebalan selama pandemi. Ayurveda menyarankan bahwa bawang putih yang pedas juga mengandung khasiat yang meredakan pembengkakan dan peradangan di sekitar saluran hidung, memudahkan pernapasan dan pada akhirnya membantu memulihkan indera penciuman dan rasa lebih cepat.

Meskipun bawang putih tidak dapat dihirup, Anda dapat menyesap ramuan panas dari siung bawang putih yang dihancurkan dan air. Jus lemon, yang juga merupakan obat anti-dingin juga dapat ditambahkan ke minuman untuk mendapatkan manfaat tambahan.

3. Bubuk cabai merah atau cabai rawit
Bumbu pedas seperti cabai rawit atau bubuk cabai dapat membantu mengembalikan indra penciuman Anda. Meskipun ini bukan pengobatan yang didukung sains, manfaatnya terletak pada kandungan kuat yang ada dalam rempah-capsaicin, yang dikatakan efektif "membersihkan" hidung yang tersumbat, mengaktifkan indera, dan meningkatkan fungsi indra penciuman. Ini juga sangat membantu dalam menghilangkan flu.

Pastikan Anda mencampurnya dengan secangkir air atau tambahkan zat pemanis seperti madu sebelum digunakan. (Baca juga: Studi: Virus Corona Jenis Baru dari Inggris Lebih Mudah Ditularkan, Waspadalah! )
6 Makanan yang Membantu Mengembalikan Bau dan Rasa akibat Covid-19

4. Cium minyak esensial
Pelatihan penciuman adalah cara yang ampuh untuk 'memperbaiki' otak untuk mengendus dan mengembalikan indra penciuman dan pengecap Anda ke jalurnya. Banyak praktisi dan spesialis aromaterapi merekomendasikan pasien COVID untuk mencoba pelatihan penciuman - yaitu mencium empat minyak esensial yang berbeda (minyak mawar, cengkih, lemon dan kayu putih) selama 20-40 detik masing-masing, dua kali atau tiga kali sehari. Meskipun beberapa aromanya tampak terdistorsi, jangan berkecil hati karena hal ini biasa terjadi.

Aroma rutin, seperti produk sehari-hari seperti sampo, sabun, bumbu masakan juga dapat diendus selama pemulihan - meskipun tidak langsung bekerja, hal ini dapat membantu Anda mengembalikan sensasi kehilangan penciuman lebih awal.

5. Minyak jarak
Minyak jarak adalah bahan yang cukup ampuh. Penuh dengan sifat anti-oksidan, anti-inflamasi, telah digunakan oleh orang-orang yang sering menderita gejala nyeri sinusitis dan alergi untuk mengurangi pertumbuhan polip hidung. Ini juga cukup bermanfaat dalam meredakan gejala batuk, pilek, membangun kembali indra penciuman, sampai batas tertentu.

Tergantung pada preferensi Anda, Anda dapat menggunakan minyak jarak secara teratur selama periode pemulihan untuk melihat perbedaannya. Panaskan minyak jarak dan teteskan ke lubang hidung Anda, berlatih menarik napas dalam-dalam. Anda juga bisa menambahkan tetes minyak ke dalam uap Anda secara teratur.
6 Makanan yang Membantu Mengembalikan Bau dan Rasa akibat Covid-19

6. Menghirup jeruk yang terbakar
Meskipun ini mungkin bukan pengobatan ilmiah, mengendus jeruk yang dibakar atau memakan daging dari jeruk yang hangus adalah trik yang membantu beberapa pengguna TikTok mendapatkan kembali indra penciuman dan rasa mereka. (Baca juga: Bukan Song Joong Ki, Song Hye Kyo Berbagi Cinta dengan Jeon So Nee di Momen Natal )

Video muncul setelah beberapa orang mengutip pengobatan Jamaika, yang melibatkan pembakaran jeruk di atas api terbuka dan kemudian memakan daging buahnya, yang dapat menyegarkan indra Anda untuk mengendus sesuatu yang kuat dan akhirnya, mendapatkannya kembali.

Namun, ingatlah bahwa ini adalah peretasan media sosial dan bukan pengobatan yang disetujui dokter. Anda juga bisa minta saran dokter untuk langkah selanjutnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)