Cantiknya Warna-warni Atap Rumah Sekitar Flyover Tapal Kuda

Minggu, 27 Desember 2020 - 09:32 WIB
loading...
Cantiknya Warna-warni Atap Rumah Sekitar Flyover Tapal Kuda
Pemerintah Kota Jakarta Selatan bersama Propan Raya berinisiatif mengecat atap rumah warga Lenteng Agung di sekitar Flyover Tapal Kuda. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Flyover Tapal Kuda sebentar lagi akan diresmikan. Tahun 2021 direncanakan bahwa fasilitas umum yang terletak di Jakarta Selatan ini akan beroperasi normal, sehingga pengerjaannya dilakukan semaksimal mungkin, termasuk pengecatan atap rumah di sekitar Flyover Tapal Kuda.

Pemerintah Kota Jakarta Selatan berinisiatif mengecat atap rumah warga Lenteng Agung di sekitar flyover ikonik tersebut. Karena itu, pada 27-28 November 2020 Propan Raya sebagai penyedia cat telah mengadakan pelatihan pengecatan kepada 138 Petugas Penyedia Sarana Prasarana Umum (PPSU) yang akan melakukan pengerjaan pengecatan.

( )

Pelatihan diadakan selama 2 hari karena jumlah PPSU yang banyak dan agar pelaksanaan pelatihan pengecatan tetap memenuhi protokol kesehatan. PPSU yang ikut terlibat dalam pelatihan pengecatan ini merupakan perwakilan dari kelurahan yang ada di Jakarta Selatan.

Pelatihan pengecatan dibawakan oleh Tim Propan dengan membawakan materi mengenai cat yang digunakan dalam Flyover Tapal Kuda. Selain itu, PPSU juga diajarkan cara pengaplikasian cat yang baik dan benar. Pengaplikasian dilakukan langsung pada substrat yang dituju seperti tembok dan atap.

Setelah pelatihan itu, pada awal Desember lalu diadakanlah pengecatan perdana pada salah satu rumah di area Flyover Tapal Kuda. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mukhlisin memaparkan, kegiatan simbolis ini merupakan pembukaan terhadap rangkaian pengecatan yang dilakukan oleh PPSU dalam kurun waktu satu bulan.

“Pengecatan ini dilakukan untuk mempercantik area di sekitar Tapal Kuda, agar semakin ikonik dengan pengecatan tematik. Desain yang dibuat melibatkan profesional di bidangnya sehingga akan menghasilkan sebuah karya yang artistik," papar Mukhlisin melalui siaran resminya, belum lama ini.

Di kesempatan yang sama Lurah Lenteng Agung Bayu Pasca Soengkono memaparkan, terdapat ratusan rumah warga yang atapnya dicat oleh petugas PPSU. Rumah tersebut terletak di area yang terlihat dari Flyover Tapal Kuda.

"Terdapat 168 rumah dari empat RW yang akan dicat yakni RW 1, 2, 3, dan 5. Pengerjaan rencananya 1 bulan dan tidak ada libur. Jadi Sabtu-Minggu tetap bekerja," ujar Bayu.

Propan Raya berkontribusi sebagai pemasok utama cat pada pengerjaan pengecatan tematik di area Flyover Tapal Kuda. Sebanyak 8.000 liter cat telah disediakan oleh Propan Raya untuk mewarnai atap rumah warga. Cat tersebut nanti akan mewarnai seluruh sudut-sudut atap rumah warga di sekitar flyover tersebut.

( )

Selain cat, Propan Raya juga memberikan peralatan pengecatan seperti rol, kuas, ember, masker, kaos, dan lain-lain. “Pelatihan pengecatan yang telah kami berikan diharapkan dapat menambah keterampilan PPSU ke depannya, selain bisa mengerjakan pengecatan dengan baik," jelas Direktur PT Propan Raya Yuwono Imanto.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)