Kaleidoskop Film 2020: Catatan Emas Parasite di Sederet Ajang Penghargaan Dunia

Senin, 28 Desember 2020 - 16:04 WIB
loading...
Kaleidoskop Film 2020: Catatan Emas Parasite di Sederet Ajang Penghargaan Dunia
Para pemeran inti film Parasite. Foto/NEON
A A A
JAKARTA - Parasite sukses menjadi karya paling fenomenal di industri film dunia tahun 2020. Hadir sebagai film dari Asia, film besutan sutradara Bong Joon-ho ini mendulang begitu banyak prestasi gemilang di kancah dunia.

Parasite yang mengusung Song Kang-Ho, Lee Sun-kyun Lee, Cho Yeo Jeong, Choi Woo Shik, Park So Dam, Lee Jung Eun, Chang Hyae Jin, dan Park Myeong-hoon sebagai deretan pemeran utamanya ini dinilai berhasil hadir sebagai film yang fresh dan mampu membuat penonton terpana.

Digarap hanya dengan budget tak terlalu besar, hanya sekira Rp150,3 miliar, Parasite menyuguhkan kisah kehidupan manusia bak dua sisi mata uang, menampilkan potret dua keluarga berbeda latar belakang, si kaya dan si keluarga miskin.

Kaleidoskop Film 2020: Catatan Emas Parasite di Sederet Ajang Penghargaan Dunia


( )

Keluarga miskin digawangi Ki Taek dan sang istri, Chung-sook serta dua anak remajanya, Ki-woo dan Ki-jung. Dibantu koneksi sang sahabat, Ki-woo dengan kemampuan seadanya berhasil menjadi tutor dari anak gadis remaja keluarga Park yang kaya raya.

Perlahan tapi pasti, Ki-woo sukses "menempatkan" seluruh anggota keluarganya untuk bekerja di rumah si kaya. Tapi, petaka untuk dua keluarga tersebut dimulai saat keluarga Ki-Woo mendapati ada "monster" di dalam rumah tersebut, yang membuat jalan cerita berubah tak terduga menjadi insiden tragis.

Menyajikan jalan cerita yang dinilai fresh dan sangat dekat dengan kehidupan nyata, wajar saja film ini mengantungi rating 8,6/10 dari 437.115 penilai di laman IMDb. Sedangkan di Rottentomatoes, sebanyak 438 kritikus film kompak memberi skor 99% untuk Parasite.

Titik puncak prestasi Parasite memang bisa dibilang saat berhasil menggebrak panggung Academy Awards atau Oscar pada Januari 2020. Parasite mencatatkan sejarah emas perfilman Asia dan dunia dengan prestasinya di ajang film tertinggi tersebut.

Parasite menorah rekor sebagai film Asia pertama yang memboyong trofi kategori utama Oscar, Best Picture. Total, mereka membawa pulang 4 trofi, 3 lain dari kategori Best Director, International Feature Film (Foreign Language Film) serta kategori Best Original Screenplay yang sebelumnya tak pernah sukses diraih oleh film-film Asia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)