6 Kebiasaan Baik yang Harus Diterapkan Selama Puasa Ramadhan

Kamis, 14 Mei 2020 - 15:30 WIB
loading...
6 Kebiasaan Baik yang Harus Diterapkan Selama Puasa Ramadhan
Mengonsumsi makanan sehat untuk mempertahankan puasa selama satu bulan penuh tidak mudah, tapi ada kebiasaan baik yang bisa dilakukan. Apa saja? Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Puasa Ramadhan membuat pola makan berubah. Jika, biasa makan tiga kali dalam sehari, saat puasa hanya makan dua kali saja, yaitu saat berbuka puasa dan sahur. Karena itu penting agar tetap kuat untuk mengonsumsi makanan sehat untuk mempertahankan puasa selama satu bulan penuh.

Namun, tidak mudah untuk menyantap makanan sehat selama puasa. Tapi, bisa dicapai dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik. Lantas, kebiasaan baik seperti apa yang harus diterapkan selama puasa Ramadhan? Berikut ulasannya seperti dilansir Times Now News.

1. Seimbangkan diet
Menyeimbangkan diet selama puasa sangat penting karena ini adalah waktu di mana mengonsumsi lebih sedikit energi daripada yang digunakan. Ini menempatkan Anda pada risiko penurunan berat badan. Karena itu penting untuk menyeimbangkan diet langsung dari makanan pertama atau sahur dan mengonsumsi makanan yang dicerna secara perlahan seperti biji-bijian, buah-buahan hingga kacang-kacangan. Sehingga ini membantu melepaskan energi dari waktu ke waktu di siang hari dan membantu tetap berenergi.

2. Hidrasi
Konsumsilah cairan yang cukup baik saat sahur agar Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Sebelum puasa, konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang berair seperti semangka dan bayam karena kandungan airnya tinggi. Gula alami seperti semangka juga dapat membantu memuaskan hasrat konsumsi makanan manis. (Baca juga: Resep Es Cincau Sirup Kurma, Segar Banget untuk Berbuka Puasa ).

3. Hindari makanan kemasan dan siap makan
Pastikan tidak mengonsumsi makanan kemasan atau siap makan seperti biskuit. Karbohidrat yang terkandung di dalamnya rusak dan diproses dengan cepat. Cukupi kebutuhan kadar gula dengan mengonsumsi kurma saat sahur. Kurma adalah salah satu bagian terpenting dari makanan Ramadhan lantaran terbukti bisa membantu menjaga kadar gula tetap terjaga.

4. Hindari makanan yang digoreng
Pilih makanan yang direbus dan dikukus atau dipanggang dibandingkan digoreng. Berpuasa membantu tubuh membersihkan dirinya sendiri. Ini adalah waktu terbaik untuk membersihkan racun di dalam tubuh. Karena itu lebih baik menghindari makanan yang digoreng. Ini adalah kebiasaan makan dan memasak yang sehat yang harus diadopsi seseorang bahkan pada hari-hari biasa.

5. Berolahraga secara teratur
Jaga agar tubuh tetap aktif bahkan saat berpuasa. Anda mungkin tidak dapat menikmati aktivitas atau olahraga keras apa pun, mengingat belum mengonsumsi kalori yang cukup. Tetapi berjalan cepat, peregangan sederhana atau naik tangga dapat membantu menjaga tubuh tetap aktif dan terisi. Berolahraga secara teratur juga bisa menjaga metabolisme Anda bergerak. (Baca juga: Banyak Orang Ngemil selama WFH, Ternyata Ini Alasannya ).

6. Tidak melewatkan sahur
Ini yang terpenting dari semuanya. Di mana apa yang dimakan saat sahur adalah apa yang membuat Anda terus berjalan sepanjang hari. Jadi pastikan mengonsumsi sahur karena santap sahur memberi Anda energi sepanjang hari.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4862 seconds (0.1#10.140)