Kue Onde Kelapa, Kombinasi Manis Gurih yang Cocok untuk Buka Puasa

Kamis, 14 Mei 2020 - 17:27 WIB
loading...
Kue Onde Kelapa, Kombinasi  Manis Gurih yang Cocok untuk Buka Puasa
Kue Onde Kelapa menawarkan rasa manis dari gula merah dan gurih dari kelapa parut. Perpaduan keduanya sangat pas disantap saat berbuka puasa. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Banyak makanan dengan rasa manis yang bisa dijadikan pilihan untuk takjil berbuka puasa. Seperti halnya Kue Onde Kelapa. Kue ini menawarkan rasa manis dari gula merah dan gurih dari kelapa parut. Perpaduan keduanya sangat pas disantap saat berbuka puasa.

Tidak hanya nikmat, kue ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya mudah. Tertarik untuk mencobanya? Berikut resep membuat kue onde kelapa seperti dikutip dari akun Instagram @rasasayange.

Bahan-bahan:
Bahan 1:
200 g tepung ketan
60 g tepung beras
1/2 sdt garam
50 g kentang, dikukus, dihaluskan
2 liter air, untuk merebus onde

Bahan 2:
8 lembar daun suji
4 lembar daun pandan
225 ml air hangat

Bahan 3:
150 g kelapa muda, diparut sunggat
1/4 sdt garam
1/4 sdt vanilli bubuk

Bahan 4:
125 g gula aren, diserut halus
1/4 sdt bubuk spekuk

Cara membuat:
Blender bahan 2 hingga halus. Kemudian saring ke dalam gelas ukur dan sisihkan. Campur kelapa dengan vanili dan garam, aduk rata. Kukus campuran kelapa selama 5-10 menit. Angkat dan tuang kelapa yang sudah dikukus di atas piring, sisihkan. Campur tepung ketan, tepung beras dan garam. Aduk hingga rata.

Masukkan kentang halus, uleni hingga tercampur rata. Tambahkan air daun suji sedikit demi sedikit, uleni hingga adonan lemas, sisihkan. Campur gula aren dengan bubuk spekuk, aduk rata. Rebus air dengan api sedang hingga mendidih. Basahkan tangan dengan air. Ambil adonan sebesar buah duku, bulatkan kemudian pipihkan.

Isi bagian tengah dengan 1 sdt campuran gula aren, bulatkan kembali hingga tertutup dan basahkan dengan air. Rebus kue onde selama 5 menit hingga mengapung. Setelah terapung, rebus kembali selama 5-10 menit hingga bagian dalam matang. Angkat dan dinginkan. Gulingkan onde di atas kelapa hingga terlumur rata. Sajikan selagi hangat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1293 seconds (0.1#10.140)