Tidak Bikin Gejala Lebih Parah, Strain Baru Covid-19 Lebih Cepat Menyebar

Kamis, 31 Desember 2020 - 21:31 WIB
loading...
Tidak Bikin Gejala Lebih Parah, Strain Baru Covid-19 Lebih Cepat Menyebar
Strain baru Covid-19 tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada varian lain, namun strain baru ini bisa menyebar lebih cepat. / Foto: Ilustrasi/Atalayar
A A A
JAKARTA - Hasil studi dari Public Health England menyebutkan bahwa strain baru Covid-19 tidak menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada varian lain. Namun, ilmuwan mengatakan jika strain baru bisa menyebar lebih cepat.

(Baca juga: Mutasi Covid-19, Masih Efektifkah Vaksin yang Disiapkan Pemerintah? )

Dalam studi tersebut, para peneliti membandingkan 1.769 orang yang terinfeksi varian baru dengan 1.769 orang yang terinfeksi virus "tipe liar". Kedua kelompok dicocokkan 1:1 berdasarkan usia, jenis kelamin, daerah tempat tinggal dan waktu pengujian.

Dari 42 orang yang dirawat di rumah sakit, 16 terinfeksi varian baru , sementara 26 kasus memiliki infeksi tipe liar. Dalam hal kematian, ada 12 kematian dalam kasus varian baru dibandingkan dengan 10 kematian pada kasus tipe liar.

"Hasil awal dari studi kohort tidak menemukan perbedaan yang signifikan secara statistik dalam rawat inap dan kasus kematian 28 hari antara kasus dengan varian dan kasus pembanding tipe liar," kata studi tersebut seperti dikutip Reuters, Kamis (31/12).

Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam kemungkinan infeksi ulang dengan varian baru dibandingkan dengan varian lain.

Studi tersebut menambahkan bahwa tingkat serangan sekunder atau proporsi kontak dari kasus yang dikonfirmasi yang mengembangkan penyakit itu sendiri, lebih tinggi pada orang yang terinfeksi varian baru.

(Baca juga: Parosmia, Efek Long Covid Ini Membuat Pasien Mencium Bau Tak Sedap )

Sebelumnya, seorang ahli epidemiologi terkemuka, Andrew Hayward memperingatkan bahwa Inggris sedang menuju bencana selama beberapa minggu mendatang jika tidak mengambil tindakan lebih keras terhadap varian penyakit yang lebih menular.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)