Waspada, Asap Kembang Api Bisa Timbulkan Risiko Kesehatan

Kamis, 31 Desember 2020 - 23:01 WIB
loading...
Waspada, Asap Kembang Api Bisa Timbulkan Risiko Kesehatan
Racun kimiawi di udara membentuk materi partikulat udara, yang terdiri dari zat-zat kecil yang cukup kecil untuk dihirup. / Foto: dok. SINDOnews/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Kembang api identik dengan perayaan malam tahun baru. Kembang api mengandung berbagai macam bahan kimia. Saat dibakar selama pertunjukan, terdapat zat yang dilepaskan yang berkontribusi pada polusi udara. Polusi tersebut dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, terutama bagi orang yang memiliki penyakit paru-paru seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) atau asma.

(Baca juga: Makanan Tradisional Malam Tahun Baru dari Berbagai Belahan Dunia )

Racun kimiawi di udara membentuk materi partikulat udara, yang terdiri dari zat-zat kecil yang cukup kecil untuk dihirup. Kembang api terbuat dari bahan kimia yang mudah terbakar yang direkayasa untuk menghasilkan efek sonik dan visual saat dinyalakan. Setelah pertunjukan kembang api, zat-zat tersebut dilepaskan ke udara . Polutan seperti karbondioksida, sulfur dioksida, dan karbon monoksida juga dihasilkan dari proses pembakaran.

Dalam sebuah penelitian yang menyertakan kota-kota Eropa pada minggu-minggu setelah kembang api malam tahun baru, misalnya, konsentrasi strontium, barium, magnesium, bismut, aluminium, tembaga, dan kalium lebih tinggi di udara daripada pada minggu-minggu lainnya. Bahan-bahan ini tetap berada di atmosfer setelah pertunjukan selesai, tetapi tidak jelas berapa lama tetap di sana.

Penelitian menunjukkan bahwa karakteristik cuaca, seperti suhu, angin, kelembaban, dan curah hujan menjadi faktor penyebabnya. Seperti dilansir Very Well Health, Kamis (31/12), kualitas udara dapat memengaruhi kesehatan, terutama bagi mereka yang sangat muda, dalam kondisi kesehatan yang lemah, menderita PPOK, asma, infeksi saluran pernapasan, atau sedang hamil.

Polusi udara berkontribusi pada perkembangan PPOK dan kanker paru-paru dengan merusak paru-paru. Jika Anda sudah memiliki salah satu dari penyakit paru-paru ini, polusi udara dapat memperburuk keadaan. Partikel yang terhirup di udara dapat memicu serangan asma, dan juga dapat memperburuk efek infeksi saluran pernapasan.

Tetapi proses pasti bagaimana kembang api dapat menyebabkan masalah kesehatan masih belum jelas. Setidaknya satu laporan merinci efek paru-paru yang berbahaya dari bekerja erat dengan kembang api dalam pengaturan pabrik.

Dan studi lain dari Belanda mengidentifikasi peningkatan substansial dalam ukuran polusi udara dengan sedikit peningkatan terkait pada tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit pernapasan dan kardiovaskular pada hari-hari setelah pertunjukan kembang api di malam tahun baru.

(Baca juga: Tidak Bikin Gejala Lebih Parah, Strain Baru Covid-19 Lebih Cepat Menyebar )

Jadi, meskipun cara spesifik kembang api dapat memengaruhi kesehatan belum diketahui secara pasti, peraturan tentang kembang api dapat bermanfaat. Satu laporan menggambarkan penurunan angka kematian pada hari-hari festival ketika peraturan tentang kembang api diterapkan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2118 seconds (0.1#10.140)