Anak-Anak Dilaporkan Lebih Mudah Tertular Strain Baru Covid-19

Jum'at, 01 Januari 2021 - 00:13 WIB
loading...
Anak-Anak Dilaporkan Lebih Mudah Tertular Strain Baru Covid-19
Sebelumnya, anak-anak terbukti kurang terpengaruh oleh Covid-19 karena cara virus memasuki sel manusia melalui reseptor yang disebut ACE2. / Foto: Ilustrasi/The Conversation
A A A
LONDON - Dalam sebuah laporan disebutkan jika anak-anak lebih mudah tertular strain baru Covid-19 . Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa strain baru Covid-19 bisa berdampak lebih pada anak muda.

(Baca juga: Tidak Bikin Gejala Lebih Parah, Strain Baru Covid-19 Lebih Cepat Menyebar )

Sebelumnya, anak-anak terbukti kurang terpengaruh oleh Covid-19 karena cara virus memasuki sel manusia melalui reseptor yang disebut ACE2, yang ditemukan di banyak sel di saluran pernapasan bagian atas. Jumlah ACE2 yang diekspresikan seseorang terus meningkat seiring waktu, yang berarti anak-anak memiliki sangat sedikit.

Profesor Wendy Barclay dari Imperial College London dan seorang anggota NERVTAG memaparkan bahwa pihaknya tidak mengatakan ini adalah virus yang secara khusus menyerang anak-anak atau lebih spesifik dalam kemampuannya untuk menginfeksi anak-anak. SARS-CoV-2 yang muncul sebagai virus tidak seefisien menginfeksi anak-anak seperti pada orang dewasa.

" Virus sebelumnya memiliki waktu yang lebih sulit untuk mengikat ACE2 dan masuk ke dalam sel dan oleh karena itu orang dewasa, yang memiliki ACE2 yang melimpah di hidung dan tenggorokan mereka, menjadi sasaran empuk dan anak-anak sulit untuk terinfeksi," ungkap Barclay seperti dilansir Daily Express, Kamis (31/12).

"Virus yang lebih baru memiliki waktu yang lebih mudah untuk melakukan itu dan oleh karenanya anak-anak sama-sama rentan, mungkin, terhadap virus ini sebagai orang dewasa. Mengingat pola pencampuran mereka, Anda akan melihat lebih banyak anak yang terinfeksi," lanjutnya.

(Baca juga: Mutasi Covid-19, Masih Efektifkah Vaksin yang Disiapkan Pemerintah? )

Menurut Barclay, bukan karena virus tersebut secara khusus menargetkan anak-anak, tetapi sekarang lebih sedikit dihambat. Sementara para peneliti terus mempelajari efek dari strain baru, yang mana gejala yang ditimbulkan sama. WebMD telah memperbarui daftarnya tentang gejala utama Covid-19 yang harus diwaspadai:

1. Demam
2. Batuk
3. Sesak napas
4. Kesulitan bernapas
5. Kelelahan
6. Menggigil, terkadang dengan gemetar
7. Pegal-pegal
8. Sakit kepala
9. Sakit tenggorokan
10. 10. Hidung tersumbat / meler
11. Kehilangan bau atau rasa
12. Mual
13. Diare
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2607 seconds (0.1#10.140)