Yuk, Memulai Tahun Baru dengan Bikin Mi Panjang Umur Khas China

Minggu, 03 Januari 2021 - 06:08 WIB
loading...
Yuk, Memulai Tahun Baru dengan Bikin Mi Panjang Umur Khas China
Memulai Tahun Baru, Anda bisa dengan menikmati Mi Panjang Umur, yang melambangkan umur panjang. Hidangan ini populer Tahun Baru dan acara perayaan lainnya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Memulai Tahun Baru , Anda bisa dengan menikmati Mi Panjang Umur, yang melambangkan usia yang panjang. Kuliner ini populer khas China ini bisa untuk Tahun Baru dan acara perayaan lainnya.

Versi sederhana ini pada dasarnya adalah sup telur yang disajikan di atas mi. Ini juga cara yang bagus untuk menggunakan sisa daging ham yang dimasak. Untuk kontras dalam tekstur dan warna, tambahkan sayuran hijau. (Baca juga: Resep Nasi Daun Jeruk dan Steak Maranggi ala Jerry Masterchef Indonesia 7 )

Tertarik membuat resep mi panjang umur untuk Tahun Baru? Berikut resep membuat mie panjang umur dilansir dari The Spruce Eats, Sabtu (2/1).

Bahan-bahan:
8 gelas air
1 sdt garam
1/2 pon mie telur tipis atau spageti kering

Bahan saus:
3 cangkir kaldu atau kaldu ayam
1 sdm kecap atau sesuai selera
1 sdt minyak wijen
2 sdt tepung maizena dicampur dengan 4 sdt air
Merica putih atau hitam secukupnya

Telur rebus:
2 butir telur, kocok sebentar

Hiasan:
3 batang daun bawang, cincang halus
1/2 - 2/3 cangkir ham matang, cincang

Cara membuat:
Didihkan air dan rebus mi hingga setengah matang, gunakan sumpit untuk memisahkannya. Bilas mie berulang kali dengan air dingin dan tiriskan. Bagi mie secara merata di antara mangkuk.

Didihkan kaldu dengan api sedang. Masukkan kecap, minyak wijen, dan merica. Aduk kembali tepung maizena dan air dengan cepat dan aduk. (Baca juga: Enggak Perlu Mahal, Begini Cara Liburan Hemat Bareng Keluarga )

Angkat panci dari api. Tambahkan telur kocok, tuangkan perlahan-lahan melalui ujung garpu dan aduk cepat ke satu arah selama sekitar 1 menit.

Hiasi dengan ham cincang dan daun bawang. Gunakan wajan untuk merebus telur. Telur rebus ditempatkan di atas mie dan tuang saus. Tuang kuah panas, hiasi dengan daun bawang dan irisan ham. Sajikan.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)