Resep Ayam Goreng Rempah Tanpa Ungkep, Bumbunya Meresap Dalam Daging

Senin, 04 Januari 2021 - 12:01 WIB
loading...
Resep Ayam Goreng Rempah Tanpa Ungkep, Bumbunya Meresap Dalam Daging
Ayam merupakan bahan masakan yang mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya ayam goreng rempah. Menariknya, Anda tak perlu mengungkepnya. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Ayam merupakan bahan masakan yang mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan, salah satunya ayam goreng rempah.

Umumnya membuat ayam goreng melalui proses ungkep. Tapi, resep yang satu ini berbeda. Ayam Goreng Rempah Tanpa Ungkep. Ya, prosesnya tidak dungkep. Tapi, tekstur daging tetap empuk dan dimasak dengan bumbu rempah semakin nikmat hingga ke dalam daging. (Baca juga: Ayam Goreng Terasi ini Rasanya Mantul Banget, Coba Bikin Yuk! )

Penasaran cara membuatnya? Berikut resep membuat Ayam Goreng Rempah Tanpa Ungkep dikutip dari channel YouTueb Devina Hermawan, Senin (4/1).

Bahan-bahan:
10 potong paha ayam
1 sdm cuka
1 sdm santan
2 sdt garam
1 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdt merica

Bumbu halus:
2 pcs serai
4 cm jahe
3 lembar daun jeruk purut
1 ruas kunyit
2 sdt ketumbar sangrai
2 sdt jinten
5 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 buah cabai merah besar
150 ml air

Pelapis:
1 butir telur
2-3 sdm maizena
2-3 sdm tepung beras

Lainnya:
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
Masukkan bahan bumbu halus ke dalam blender kemudian blender hingga halus. Saring dan peras bumbu halus lalu tuang ke dalam mangkuk berisi ayam, masukkan santan, cuka, garam, kaldu ayam bubuk, dan merica lalu aduk rata kemudian diamkan 1-2 jam di suhu ruang atau semalaman di dalam kulkas. (Baca juga: 3 Kali Swab Masih Positif COVID-19, Nirina Zubir Nangis Tak Bisa Peluk Anak )

Campurkan telur, tepung maizena, dan tepung beras kemudian aduk rata dan tambahkan ayam dan bumbu marinasi lalu aduk rata. Siapkan minyak untuk menggoreng, goreng ayam dengan api sedang lalu campurkan air marinasi dan air (1:1).

Tuang ½ - 1 sendok sayur ke dalam wajan kemudian aduk-aduk, ulangi proses ini 2-3 kali. Goreng hingga kuning keemasan, kemudian kecilkan api dan goreng hingga cokelat keemasan, sisihkan. Ayam goreng rempah siap disajikan dengan sambal.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3525 seconds (0.1#10.140)