Menikmati Secangkir Kopi Sehari Bisa Bikin Hidup Lebih Lama

Selasa, 05 Januari 2021 - 06:33 WIB
loading...
Menikmati Secangkir...
Kabar gembira bagi pecinta kopi. Mereka yang suka minum kopi, dinilai bisa hidup lebih lama. Hal ini berdasarkan penelitian di Keck School of Medicine of USC. Foto/Business Insider.
A A A
JAKARTA - Kabar gembira bagi pecinta kopi . Mereka yang suka minum kopi, dinilai bisa hidup lebih lama. Hal ini berdasarkan penelitian di Keck School of Medicine of USC.

Minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah karena penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, serta penyakit pernapasan dan ginjal bagi orang Afrika-Amerika, Jepang-Amerika, Latin, dan kulit putih. (Baca juga: Kopi Hitam Banyak Manfaatnya Bagi Kesehatan, Apa Saja? )

Orang yang mengonsumsi secangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 12% lebih kecil untuk meninggal, dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Asosiasi ini bahkan lebih kuat bagi mereka yang minum dua hingga tiga cangkir sehari, hasilnya 18% mengurangi kemungkinan kematian.

Veronica W. Setiawan selaku penulis utama studi dan profesor kedokteran pencegahan di Keck School of Medicine of USC menjelaskan bahwa kematian yang lebih rendah hadir terlepas dari apakah orang minum kopi biasa atau tanpa kafein, menunjukkan hubungan tersebut tidak terkait dengan kafein.

"Kami tidak bisa mengatakan minum kopi akan memperpanjang hidup Anda, tapi kami melihat ada kaitannya. Jika Anda suka minum kopi, minumlah. Jika Anda bukan peminum kopi, maka Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda harus mulai," jelas Setiawan.

Studi yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine edisi 11 Juli ini menggunakan data dari Multiethnic Cohort Study, sebuah upaya kolaborasi antara University of Hawaii Cancer Center dan Keck School of Medicine.

Studi Kelompok Multietnis yang sedang berlangsung memiliki lebih dari 215.000 peserta dan menyebut dirinya sebagai studi paling beragam secara etnis yang meneliti faktor risiko gaya hidup yang dapat menyebabkan kanker.

"Hingga saat ini, hanya sedikit data yang tersedia tentang hubungan antara konsumsi kopi dan kematian pada non-kulit putih di Amerika Serikat dan di tempat lain," kata studi tersebut. (Baca juga: Tak Maksimal, Kontestan Mirip Ashanty Ini Harus Tinggalkan Indonesian Idol )

"Penyelidikan semacam itu penting karena pola gaya hidup dan risiko penyakit dapat sangat bervariasi lintas latar belakang ras dan etnis, dan temuan dalam satu kelompok mungkin tidak berlaku untuk kelompok lain," sambungnya.

Karena pergaulan terlihat di empat etnis yang berbeda, Setiawan memaparkan bahwa aman untuk mengatakan hasil penelitian ini berlaku untuk kelompok lain. Studi ini adalah yang terbesar dari jenisnya dan mencakup minoritas yang memiliki gaya hidup yang sangat berbeda.

"Melihat pola yang sama di seluruh populasi yang berbeda memberikan dukungan biologis yang lebih kuat pada argumen bahwa kopi baik untuk Anda apakah Anda berkulit putih, Afrika-Amerika, Latin atau Asia," tutup Setiawan dilansir dari Science Daily.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Stop Pakai Sarung Tangan...
Stop Pakai Sarung Tangan Plastik Saat Makan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan!
Jangan Tunggu Sirosis,...
Jangan Tunggu Sirosis, Dokter Ingatkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Hati Sejak Dini
3 Gerakan Sederhana...
3 Gerakan Sederhana agar Tubuh Lebih Segar dan Tidak Kaku saat Bangun Tidur
Harga Bahan Baku Naik,...
Harga Bahan Baku Naik, CW Coffee Justru Luncurkan 4 Menu Baru Seri Tunjangan Produktif
Anji Ungkap Punya Private...
Anji Ungkap Punya Private Barista, Racikan Kopi Cold Brew Blueberry Jadi Sorotan
Dokter Ungkap Bahaya...
Dokter Ungkap Bahaya Kerja Shift Malam, Risiko Penyakit Jantung Meningkat
Dari Bangkok ke Shanghai,...
Dari Bangkok ke Shanghai, KAPPI Ingatkan Dunia: Di Setiap Sudut Indonesia, Kopinya Berbeda Cerita
Surabaya Jadi Kota Pertama...
Surabaya Jadi Kota Pertama Indonesia Coffee Expo 2026, Hadirkan Pengalaman Interaktif bagi Pengunjung
Momen Prabowo Mencari...
Momen Prabowo Mencari Kopi saat Pidato di Rapat Paripurna DPR
Rekomendasi
Mungkinkah Turki Serius...
Mungkinkah Turki Serius Hidupkan Kembali Kekuasaan Kekaisaran Ottoman untuk Membebaskan Yerusalem?
Kuasa Hukum Roy Suryo...
Kuasa Hukum Roy Suryo Beberkan Konstruksi Laporan Terhadap Lechumanan dan Rismon
Harga BBM Pertamax Cs...
Harga BBM Pertamax Cs Resmi Naik per Rabu 10 Juni 2026, Pertalite dan Solar Subsidi Tetap
Berita Terkini
Tembus 40 Juta Views,...
Tembus 40 Juta Views, Adu Mekanik Sound Jadi Konten Paling Berkesan bagi Yongshun
Berkali-kali Muncul...
Berkali-kali Muncul Korban Tenggelam, Warga Mulai Curiga Ada yang Tak Beres di Tempat Ini
Confeti Love hingga...
Confeti Love hingga Moonlit Blush, Ini Makna di Balik Pendant Koleksi Baru Nagita Slavina x ISAGO
Cover Musik Jadi Cara...
Cover Musik Jadi Cara Generasi Digital Menunjukkan Kreativitas
Siap Uji Nyali? Ini...
Siap Uji Nyali? Ini Deretan Rekomendasi Microdrama Horor di V+Short
Dari Suara Tawa hingga...
Dari Suara Tawa hingga Sosok di Atas Pohon, Ini Pengalaman Paling membekas bagi Angga ABK!
Infografis
Benarkah Makan Banyak...
Benarkah Makan Banyak saat Sahur Bisa Cegah Lapar Lebih Lama?
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved