Puluhan Staf RS Terpapar Covid-19 Diduga karena Kostum

Rabu, 06 Januari 2021 - 17:05 WIB
loading...
Puluhan Staf RS Terpapar Covid-19 Diduga karena Kostum
Sebuah rumah sakit di California, Amerika Serikat menghadapi wabah virus corona yang menewaskan satu karyawan dan menginfeksi puluhan staf. / Foto: Ilustrasi/The New York Times
A A A
CALIFORNIA - Sebuah rumah sakit di California, Amerika Serikat menghadapi wabah virus corona yang menewaskan satu karyawan dan menginfeksi puluhan staf. Penularan ini diduga berasal dari kostum santa yang dikenakan pada Natal untuk menghibur pasien.

(Baca juga: Beri Kepuasan Luar Biasa, Posisi Seks Woman on Top Bisa Membahayakan )

Seorang karyawan rumah sakit yang namanya tidak diketahui, meninggal karena komplikasi Covid-19. Menurut pernyataan Kaiser Permanente San Jose Medical Center, sebanyak 44 staf dinyatakan positif Covid-19 antara 27 Desember dan tahun baru.

Bagian gawat darurat rumah sakit juga telah dibersihkan, dan semua staf yang terinfeksi diisolasi. Rumah sakit sedang mencari tahu apakah kostum dengan aksesoris kipas bisa menyebarkan droplet setelah seorang anggota staf memakainya sebentar di unit gawat darurat pada Hari Natal .

"Setiap paparan, jika itu terjadi, akan benar-benar tidak bersalah, dan sangat tidak disengaja, karena individu tersebut tidak memiliki gejala Covid-19 dan hanya berusaha membangkitkan semangat orang-orang di sekitar mereka selama masa yang sangat menegangkan," kata rumah sakit tersebut.

Mengutip NBC News, Rabu (6/1), Kaiser Permanente San Jose Medical Center tidak akan lagi mengizinkan kostum semacam itu di fasilitasnya.

Karyawan bagian gawat darurat di Kaiser Permanente San Jose Medical Center yang bisa mendapatkan vaksin Covid-19 hanya diberikan hari inokulasi pertama mereka sebelum Hari Natal dan tidak mencapai kekebalan pada saat kejadian. Tidak ada yang akan mendapatkan vaksin kedua pada Hari Natal.

"Selama periode ini, bahkan saat vaksin mulai diberikan di komunitas kami, penting bagi setiap orang untuk terus melindungi diri mereka sendiri dan satu sama lain dengan terus menggunakan masker, mencuci tangan, menghindari pertemuan, dan mempraktikkan jarak sosial," jelas rumah sakit tersebut.

(Baca juga: Begini Cara Mencegah Penderita Kanker Terhindar dari Depresi )

Tak satu pun dari staf yang dites positif terinfeksi Covid-19 akan kembali bekerja, meskipun rumah sakit mengatakan telah mempekerjakan staf tambahan sebagai bagian dari persiapannya. Rumah sakit di California telah kewalahan dengan kasus dalam beberapa pekan terakhir di tengah gelombang baru virus corona, yang membawa rekor jumlah kematian harian dan rawat inap.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)