Berubah, Baju Satpam Terbaru di Indonesia Mirip Seragam Polisi

Rabu, 06 Januari 2021 - 21:15 WIB
loading...
Berubah, Baju Satpam Terbaru di Indonesia Mirip Seragam Polisi
Seragam Satpam di Indonesia berubah. Seragam Satpam identik dengan warna biru dan putih. Kini, menjadi warna cokelat sehingga menyerupai seragam polisi. Foto/Riezky Maulana.
A A A
JAKARTA - Seragam satuan pengamanan (Satpam) di Indonesia berubah. Sebelumnya seragam Satpam identik dengan warna biru dan putih. Kini, menjadi warna cokelat sehingga menyerupai seragam polisi.

Perubahan warna ini sesuai instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis yang tertuang dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengaman Swakarsa dan sudah diundangkan sejak 5 Agustus tahun lalu. (Baca juga: Kapolri Ganti Warna Seragam Satpam, Mirip Polisi Ada Pangkatnya )

Saat ini, seragam satpam yang baru berdasarkan Perkap Kapolri tersebut sudah mulai digunakan, salah satunya di AEON Mall, Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur. Pantauan di lokasi, para satpam tersebut mengenakan pakaian atasan coklat dan celana hitam.
Berubah, Baju Satpam Terbaru di Indonesia Mirip Seragam Polisi

Di bagian kanan lengan baju pun terlihat seperti tanda pangkat. Para satpam ini berjaga di empat sudut pintu masuk AEON Mall, seperti sudut barat, timur, utara, dan selatan.

Tak lupa mereka menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti menggunakan masker, faceshield, atau pun sarung tangan. Setiap pengunjung yang hendak masuk ke area mall diperiksa suhu tubuhnya dan disembrotkan cairan disinfektan ke telapak tangan.

Manager Mall Operation AEON Jakarta Garden City Rista Fauziah menuturkan, alasan pihaknya mengganti seragam satpam adalah mematuhi Perkap tersebut. (Baca juga: 5 Gaya Fashion Lisa BLACKPINK, Chic hingga Retro )

"Sebenarnya ini hanya bentuk kepatuhan kita, kepatuhan AEON Mall Jakarta Garden City terhadap apa yang telah ditetapkan oleh pihak kepolisian, oleh Kapolri," katanya ditemui di lokasi, Rabu (6/1/2021) malam.

Setidaknya, kata Rista, pihaknya memiliki sekira 107 satpam yang bertugas mengamankan AEON Jakarta Garden City. Pihaknya pun memberikan dua jenis seragam baru tersebut kepada para satpam, yakni seragam pakaian dinas harian (PDH) dan juga Pakaian Dinas Lapangan (PDL).

"Untuk kisaran security yang bekerja di AEON Jakarta Garden City sebanyak 107 orang, dengan dua jenis pakaian yang berbeda, yaitu ada pakaian dinas harian, ada di area dalam dan pakaian dinas lapangan itu untuk yang ada di luar," tuturnya. (Baca juga: Feminin Sekali! Gaya Nagita Slavina Tampil dengan Fashion Serba Pink )
Berubah, Baju Satpam Terbaru di Indonesia Mirip Seragam Polisi

Pihak pengelola mal, kata Rista juga memberikan pelatihan kepada para satpam. Menurutnya, dari masing-masing jabatan pun diberikan porsi pelaihan yang berbeda.

Unuk tingkat anggota, sertifikasi tersebut bernama Garda Pratama. Kemudian, untuk tingkat komandan regu (Danru) diberikan sertifikasi Garda Madya dan untuk para pimpinan diberikan pelatihan Garda Utama.

"Kalau bicara pelatihan, kami memberikan sertigikasi yang terdiri dari 3 jenis, yang pertama itu sertifikasi garda pratama itu untuk para anggota. Kedua sertifikasi garda madya untuk danru atau yang bisa kita sebut dengan komandan regu, dan ketiga sertifikasi garda utama yaitu untuk asisten dan chiefnya sendiri," paparnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)