Lewat Youtube, Fiksi Perkenalkan Bahasa Sunda dengan Kemasan Kekinian

Kamis, 14 Mei 2020 - 23:03 WIB
loading...
Lewat Youtube, Fiksi Perkenalkan Bahasa Sunda dengan Kemasan Kekinian
Melalui Youtube, Fiksi Aunurofik memperkenalkan bahasa Sunda dalam kemasan kekinian yang dibalut komedi. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Youtube terus berkembang menjadi wadah untuk berkeasi dari berbagai kalangan. Salah satunya seperti yang dilakukan content creator bernama Fiksi Aunurofik. Melalui Youtube, Fiksi memperkenalkan bahasa Sunda dalam kemasankekinianyang dibalut komedi.

Fiksi kali pertama membuat konten berbahasa Sunda lantaran tidak banyak video berbahasa Sunda di Youtube, dan hal itulah yang menginspirasi dan mendorongnya untuk memulai. Fiksi menilai konten berbahasa Sunda yang dikemas kekinian jarang ditemukan di Youtube.

Dia membuat video berbahasa Sunda dengan konsep kekinian agar bisa dinikmati masyarakat sekaligus mengenalkan bahasa Sunda ke khalayak yang lebih luas. Untuk ide video, Fiksi mengambil garis besar dari kamus bahasa Sunda yang kemudian dikemas dengan berbagai macam konten menarik.

Dari kebanggaan melestarikan bahasa Sunda tersebut, Fiksi akhirnya mengangkat bahasa menjadi senjatanya. "Apalagi anak-anak zaman sekarang suka malu kalau ngomong bahasa daerah," ungkapnya seperti dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/5).

Sementara itu, uniknya, Fiksi benar-benar belajar secara otodidak teknik terkait video dan editing. Pemuda asal Majalengka ini memperoleh semuanya dari tutorial di Youtube. Selain itu, dalam menggarap video, Fiksi mengambil hampir semua peran, mulai dari penulis naskah, sutradara, pemain hingga editor video.

Masing-masing video hasil kreasi Fiksi berisi sketsa tentang kejadian sehari-hari berdurasi maksimal 10 menit. Setelah konsisten membuat konten berbahasa Sunda sejak 2016, kini akun milik Fiksi sudah berhasil mengumpulkan 938.000 subscriber.

Sejauh ini, untuk konten berbahasa Sunda masih belum ditemukan yang mencapai 1.000.000 subscriber, dan tak lama lagi kemungkinan besar Fiksi bakal menjadi yang pertama pemilik channel berbahasa Sunda dengan jumlah subscriber sebanyak 1.000.000.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)