Enggan Ambil Jalan Pintas, Efka H Fajar Ogah Bikin Konten Negatif

Jum'at, 15 Mei 2020 - 00:10 WIB
loading...
Enggan Ambil Jalan Pintas, Efka H Fajar Ogah Bikin Konten Negatif
Efka H Fajar menjadi salah satu Youtuber yang enggan untuk membuat konten negatif. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Seiring dengan berjalannya waktu, banyak orang-orang di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, sangatingin menjadi Youtuber. Bahkan, tidak sedikit selebritas Tanah Air yang ikut-ikutan membuat channel Youtube.

Di tengah populernya menjadi pembuat konten Youtube, tidak sedikit mereka yang melakukan hal yang sangat kelewat batas dan mengabaikan norma dalam membuat konten. Terakhir, terdapat Youtuber yang harus berurusan dengan hukum lantaran konten prank-nya.

Meski terdapat cukup banyak konten-konten negatif, namun masih banyak juga Youtuber yang enggan untuk membuatnya, salah satunya seperti Efka H Fajar. Pria bernama lengkap Fajar Hidayatullah itu ogah mengambil jalan pintas agar cepat naik daun.

"Mau jadi Youtuber juga harus optimistis, siap mental, harus niat enggak semata-mata bikin konten negatif biar viral dan buat cepat dapat subscriber. Jangan terpaku sama jumlah subscriberyang besar, lebih baik lo punya subscriber sedikit tapi mereka aktif," ujar Efka H Fajar dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (14/5).

Terjun sebagai Youtuber sejak 2017, Efka H Fajar hingga saat ini sudah memiliki 1,5 juta subscriber. Dia pun tak gentar harus bersaing dengan para pendatang baru. "Kalau ngomongin Youtube sekarang tantangannya jauh lebih besar kalau dibanding 2017. Saingannya makin banyak. Jadi semua balik lagi apa yang mau lo kejar? Uang? Subscriber? Atau emang ingin berkarya aja," ungkapnya.

"Gua mulai aktif di Youtube setelah memutuskan berhenti kuliah di semester 4, prosesnya pahit banget dan enggak semudah itu sampai ada di titik sekarang. Konten gua awalnya games dan vlog, tapi lambat laun gua beralih ke konten reaction dan keluar dari idealis gua sampai akhirnya punya banyak subscriber," lanjut dia.

Selain aktif sebagai Youtuber, pemuda 22 tahun itu juga memiliki kegiatan lainnya. "Gua juga lumayan aktif di bidang musik (pop punk), ada beberapa karya yang gua buat tapi akhirnya gua nikmatin sendiri karena enggak pede. Tapi alhamdulillah tahun ini proyek musik gua bareng beberapa Youtuber lain bakalan segera terealisasikan," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1509 seconds (0.1#10.140)