Bantu Pendaki Gunung, Arei Bangun Sejumlah Shelter Emergency

Selasa, 12 Januari 2021 - 14:29 WIB
loading...
Bantu Pendaki Gunung, Arei Bangun Sejumlah Shelter Emergency
Dengan adanya shelter emergency, maka para pendaki gunung atau traveler akan terbantu ketika mengalami kecelakaan ataupun risiko pendakian. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Para pecinta alam maupun pendaki gunung selalu tertantang untuk menjelajahi berbagai gunung yang tersebar di Indonesia. Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki banyak gunung, di antaranya adalah gunung berapi. Tercatat kurang lebih ada 129 gunung berapi, 80 di antaranya berstatus bahaya. Itu dikarenakan Indonesia dilewati jalur cincin api pasifik yang sering disebut The Ring of Fire.

(Baca juga: Sudah Divaksin, Masyarakat Tetap Harus Taati Protokol Kesehatan )

Beranjak dari hal tersebut, brand peralatan pecinta alam dan traveler Arei Outdoor Gear berinisiatif membuat shelter emergency atau fasilitas perlindungan keselamatan pendakian gunung serta tempat ibadah atau mushola, yang selama ini dinilai banyak komunitas pendaki gunung terbilang minim bahkan belum terlalu maksimal secara fungsi maupun kenyamanannya.

Owner Arei Outdoor Gear, Billy Andrias Budijanto mengungkapkan bahwa pihaknya ingin terlibat aktif, khususnya untuk membantu para pendaki dari risiko yang tidak diinginkan. "Contoh nyatanya adalah membangun shelter emergency untuk menanggulangi kecelakaan para pendaki gunung," ujarnya melalui pernyataan tertulis, Selasa (12/1).

"Apalagi mereka dikenal memiliki jiwa survival di berbagai medan pegunungan, baik dalam keadaan cuaca apapun, seperti halnya dengan filosofi bisnis kami yakni Move and Adventure," imbuhnya.

Saat ini, Arei sudah membangun shelter emergency yang berlokasi di Gunung Prau di dataran tinggi Dieng , Jawa Tengah pada September 2020. "Tujuannya untuk menanggulangi kecelakaan yang ada di gunung, kami juga bekerja sama dengan Tyo Survival, Ranger Prau dan penduduk setempat untuk membangun shelter tersebut. Kami harap para pendaki juga menunjukkan dukungannya dengan menjaga shelter tersebut," kata Billy.

Sebagaimana semangat yang diembannya, Arei akan terus berupaya melakukan pembangunan shelter emergency sekaligus tempat ibadah di gunung-gunung lainnya di Indonesia. "Brand ini mempunyai cita-cita yang tinggi, Arei berencana membuat para pendaki tidak hanya nyaman memakai produknya, tetapi bisa menikmati Shelter Emergency yang kami rencanakan juga dibangun di banyak gunung di Indonesia," ucap Billy.

Mendaki gunung, kata Billy, memberikan banyak hal positif, seperti membuat tubuh sehat, melatih mental untuk berpikir jernih dan mengajarkan survive dalam keadaan apapun. Dengan adanya shelter emergency, maka para pendaki akan terbantu ketika mengalami kecelakaan ataupun risiko pendakian.

Sementara itu, pengelola Gunung Prau via Patak Banteng, The Bulls Egg Adventure menyambut positif inisiatif Arei tersebut. "Adanya fasilitas tersebut, sudah pasti sangat membantu bagi kami khususnya para pengelola basecamp pendakian dalam mengatasi segala macam insiden yang tentunya tidak diharapkan," kata Ketua Rangers Prau, Solichun.

(Baca juga: Labuan Bajo Diproyeksikan sebagai Destinasi Wisata Alam dan Budaya )

"Dengan adanya shelter emergency yang letaknya juga strategis membuat para pengunjung mudah untuk mengetahui dan menjangkau di saat mereka membutuhkan bantuan. Namun, saya mengimbau dikarenakan keterbatasan anggota, kami berharap penggunaan shelter emergency ini benar-benar digunakan hanya untuk terjadi insiden saja," paparnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)