Waspadai Gejala Diabetes Pada Anak dan Remaja

loading...
Waspadai Gejala Diabetes Pada Anak dan Remaja
foto / dok istimewa
JAKARTA - Diabetes pada anak-anak bisa dikatakam sangat berat, terutama jika terjadi pada usia yang sangat dini. Diabetes tipe 1 umum terjadi pada anak-anak dan terjadi karena kondisi autoimun di mana sel beta pankreas dihancurkan, menyebabkan produksi insulin yang tidak mencukupi sehingga menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Anak-anak atau remaja juga bisa terkena diabetes tipe 2 yang kemungkinan besar disebabkan oleh obesitas, namun prevalensinya lebih rendah dibandingkan dengan orang dewasa.

Baca juga : Drama Konflik AJB Bumiputera 1912 Berlanjut, Kali Ini Melibatkan MK

Diagnosis dini dan pengobatan awal anak dengan diabetes sangat penting. Diabetes tipe 1 memiliki gejala yang cepat dalam beberapa minggu sementara gejala diabetes tipe 2 berkembang perlahan seiring berjalannya waktu. Berikut adalah Gejala Diabetes yang terdeteksi pada Anak dan Remaja dilansir Boldsky:



1. Lapar

Jika Anda melihat anak anda konsumsi makanan yang berlebihan dan selalu merasa tidak cukup sebaiknya konsultasikan dengan dokter karena itu mungkin merupakan tanda diabetes.

2. Penurunan berat badan yang tidak disengaja



Gejala diabetes lainnya pada anak-anak adalah penurunan berat badan secara tiba-tiba. Hal ini disebabkan ketika konversi glukosa menjadi energi dibatasi karena produksi insulin yang rendah, tubuh mulai membakar otot dan menyimpan lemak untuk energi sehingga menyebabkan penurunan berat badan yang tiba-tiba.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top