Ingin Tampil Cantik Seperti Wanita India? Ini Rahasianya!

Jum'at, 15 Mei 2020 - 14:30 WIB
loading...
Ingin Tampil Cantik Seperti Wanita India? Ini Rahasianya!
Bagi para wanita di India, perawatan kulit lebih dari sekadar produk pelembap dan kebiasaan mencuci wajah, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup. (ED Times)
A A A
Tidak hanya Amerika Serikat, Korea, dan Jepang, produk skin care alami dan organik juga tersebar di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk India. Bagi para wanita di negara Bollywood ini, perawatan kulit lebih dari sekadar produk pelembap dan kebiasaan mencuci wajah, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Meski kurang terdengar gaungnya dibandingkan perawatan dari Korea Selatan, serba-serbi kecantikan ala wanita India berikut bisa Anda terapkan dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Sociolla.

1. Menggunakan kunyit dan air mawar
Ingin Tampil Cantik Seperti Wanita India? Ini Rahasianya!

Berbagai daerah di India mungkin memiliki ritual unik tersendiri yang menggunakan bahan alami berbeda dalam merawat kulit. Salah satu bahan penting yang kerap digunakan adalah kunyit. Kunyit merupakan anti-inflamasi yang bermanfaat baik untuk sistem pencernaan dan kesehatan kulit yang dapat membantu meratakan warna kulit dan mengatasi kulit berjerawat. Michelle Ranavat, founder Ranavat Botanics, berpendapat bahwa kunyit juga dapat membantu mencerahkan kulit. Itulah mengapa kunyit kerap digunakan dalam upacara pernikahan tradisional India.

Mereka biasanya akan menggosok para pengantin dengan ramuan organik yang dibuat dari kunyit, tepatnya sebelum hari pernikahan. Bahan populer lain yang digunakan dalam perawatan kulit wanita India adalah air mawar, yang berfungsi menenangkan kulit. Namrata Soni, seorang seniman makeup yang berbasis di Mumbai, mengatakan ia menerapkan campuran air mawar dan bubuk chandan merah (cendana) di wajahnya setidaknya sekali seminggu. Shailja Vashisht, blogger Kecantikan di A Bride Everyday, mengatakan air mawar juga dapat digunakan untuk perawatan kuku di rumah.

2. Minyak rambut merupakan hal penting
Ingin Tampil Cantik Seperti Wanita India? Ini Rahasianya!

Di India, merawat rambut sejak usia dini merupakan hal wajib, khususnya bagi anak perempuan. Pasalnya, sesuai budaya di sana, rambut mereka akan dikepang, sehingga kondisi rambut harus kuat. Menurut Ranavat, minyak amla adalah pilihan perawatan rambut paling populer, sedangkan Nina Davuluri, co-founder Aavrani, lebih memilih minyak kelapa. "Minyak sangat baik untuk melindungi rambut dari matahari yang merusak rambut," ungkap Ranavat.

Saat mewarnai rambut, banyak wanita India menggunakan campuran berbasis Henna. Mereka membuat racikan menggunakan bahan lain, seperti jus bit, kopi, atau teh dan mengaplikasikannya pada rambut. Ini merupakan proses yang panjang, karena mereka harus menjaga pacar pada rambut selama tiga sampai empat jam. Uniknya, mereka lebih suka cara ini dibandingkan menggunakan produk cat rambut, karena bebas dari bahan kimia.

3. Riasan mata menggunakan kohl liner
Ingin Tampil Cantik Seperti Wanita India? Ini Rahasianya!

Riasan mata yang bold, khususnya eyeliner, sudah menjadi ciri khas para wanita India. Mereka selalu berusaha membuat tampilan mata terlihat lebih besar dan menonjolkannya. Oleh karena itu, pilihan makeup paling populer di kalangan wanita India untuk mata adalah kohl atau kajal (juga disebut surma), tambah Soni. Saat ini, kohl dan kajal merupakan istilah untuk menggambarkan riasan mata yang digunakan oleh perempuan India.

Menurut Ranavat, mereka biasanya membuat kohl sendiri di rumah dengan mencelupkan bola kapas ke dalam jar dan menyalakan api. Kemudian, api tersebut ditutup dengan timah logam, yang menghasilkan jelaga (butiran arang yang halus dan lunak). Jelaga itulah yang digunakan wanita India untuk dijadikan kohl atau kajal eyeliner. Bahkan, mereka lebih memilih tidak mengenakan makeup apapun, asalkan tetap menggunakan kohl.

4. Cantik dari luar dan dalam
Ingin Tampil Cantik Seperti Wanita India? Ini Rahasianya!

Tidak hanya memperhatikan perawatan dari luar saja, wanita India percaya bahwa apa yang mereka makan juga memengaruhi kesehatan kulit. Selain makanan, untuk mendapatkan kulit yang sehat, mereka turut menjaga pola tidur, sehingga tingkat stres terbilang rendah.

Dalam ritual kecantikan India, obat-obatan alami yang terbuat dari bahan organik sangat umum ditemukan, ungkap Davuluri. Dia pun menyebutkan bahwa bahan-bahan seperti minyak kelapa, neem (daun mimba), dan kunyit bisa dikonsumsi untuk mendapatkan kulit yang sehat.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0796 seconds (0.1#10.140)