Vaksinasi Diharapkan Dorong Normalisasi Kegiatan Ekonomi

Minggu, 17 Januari 2021 - 06:06 WIB
loading...
Vaksinasi Diharapkan Dorong Normalisasi Kegiatan Ekonomi
Ilustrasi vaksinasi. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Setelah jeda singkat pada kuartal IV/2020, kasus Covid-19 di Indonesia meningkat dengan jumlah kasus harian naik sebesar 40% sejak akhir November 2020. Total jumlah kasus meningkat mencapai 800.000, membuat Indonesia tetap berada dalam posisi sebagai negara dengan kasus positif terbanyak di ASEAN.

Untuk memperlambat penyebaran virus di masyarakat, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperketat di Pulau Jawa dan Bali sejak tanggal 11-25 Januari.

( )

Di luar jasa layanan penting, penggunaan kantor akan dikurangi menjadi 25%, tempat ibadah dibatasi 50%, penutupan lebih awal untuk kawasan umum seperti pusat perbelanjaan, pengurangan kapasitas di restoran, dan lain-lain.

"Pemerintah tidak memilih kebijakan lebih ketat karena akan memberikan dampak yang lebih signifikan pada ekonomi," kata Ekonom Bank DBS, Radhika Rao di Jakarta, Sabtu (17/1/2021).

Adapun larangan perjalanan bagi wisatawan internasional diberlakukan sejak awal bulan ini hingga pertengahan 21 Januari, mencakup pengaturan jalur hijau dengan negara-negara di kawasan.

( )

Bersamaan dengan itu, sambung dia, program vaksinasi telah diprioritaskan dan dinilai sebagai langkah untuk memecah kebuntuan sebagai upaya menghentikan penyebaran. "Vaksinasi penduduk usia kerja diharapkan dapat membantu kegiatan ekonomi normal dimulai kembali lebih awal," ungkap dia.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)