Aminin Dukung Anak Muda Bisa Lebih Dekat dengan Agama

Jum'at, 15 Mei 2020 - 16:02 WIB
loading...
Aminin Dukung Anak Muda Bisa Lebih Dekat dengan Agama
Aminin menjadi salah satu aplikasi rujukan digital paling interaktif dan terpercaya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, umat Islam kerap mengisi waktunya untuk menggali ilmu dan segala sesuatu yang menambah wawasan beragama. Guna menunjang hal tersebut, maka dihadirkan aplikasi rujukan digital paling interaktif dan terpercaya Aminin.

Dalam aplikasi Aminin, yang bisa diunduh di Play Store dan App Store, terdapat sejumlah fitur unggulan yang disediakan, antara lain Al-Qur'an, Latih Qur'an, dan Diskusi. Selain itu, terdapat juga fitur pengingat waktu sholat, penunjuk arah kiblat, dan adzan paling interaktif dan sangat akurat.

Pada fitur Al-Qur'an, Aminin menampilkan Al-Qur'an digital dengan standar mushaf, dan ditunjang fitur untuk bookmarking dan note-taking, bahkan bisa dibagikan atau disimpan. Guna mempemudah disediakan mesin pencarian untuk nama surat atau nomor surat, sehingga pengguna sangat dimudahkan.

"Aminin telah menjadi digital Quran rujukan, di mana kontennya dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan nash dan sanad. Konten Aminin dikurasi, disupervisi dan diverifikasi langsung oleh para ulama di bidang Al-Qur'an yang tergabung di dalam Jam'iyyatul Qurra' al-Huffazh (JQH)," ujar CEO Aminin, Herujito melalui pernyataan tertulisnya, Jumat (15/5).

Sedangkan fitur Diskusi menyediakan dialog interaktif dengan ustadz secara realtime. Ustadz yang dihadirkan sebagai narasumber adalah mereka yang memiliki pemahaman keilmuan dan pengetahuan di bidangnya serta tervalidasi untuk memberikan pemahaman yang akurat dan benar tentang Islam.

Sementara fitur Latih Qur'an disediakan sebagai media pembelajaran Al-Qur'an yang interaktif dan menyenangkan. Menurut Herujito, fitur inilah yang membuat Aminin berbeda dari yang lain. Memiliki dua level, yakni Pemula dan Mahir, fitur ini dilengkapi skor/nilai yang mensyaratkan pengguna menjawab petanyaan dengan benar sebelum melangkah ke pertanyaan atau level selanjutnya. Selain itu dilengkapi dengan audio pelafalan huruf hijaiyah, juga terjemahan dan tafsiran, dan lainnya.

Ketua Umum Jam'iyyatul Qurrawal-Huffazh (JQH), KH Saifullah Ma'shum menyatakan, salah satu cara untuk mendukung kegiatan beribadah puasa di rumah adalah dengan memanfaatkan kehadiran teknologi aplikasi digital. Dia pun menyarankan untuk menggunakan aplikasi digital yang sumbernya jelas dan terpercaya.

"Gunakanlah aplikasi digital Al-Qur’an yang sumbernya jelas dan terpercaya, agar Anda tidak tergelincir dengan pemahaman yang keliru tentang ajaran Islam, dan dapat lebih dekat dengan ajaran Islam yang diajarkan ulama," ungkapnya.

Menurutnya, Aminin juga bisa menjadi pendukung semangat anak-anak muda yang berhijrah. "Mengikuti perkembangan zaman, maka aplikasi digital yang terpercaya bagi umat Islam, seperti Aminin ini dapat menjadi salah satu sarana berhijrah bagi anak muda untuk memahami ajaran agamanya, dengan pondok pesantren tetap menjadi titik episentrumnya," jelas Saifullah.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2399 seconds (0.1#10.140)