3 Resep Tanggal Tua Cuma Rp35 Ribu, Enak dan Kenyang

Selasa, 19 Januari 2021 - 09:30 WIB
loading...
3 Resep Tanggal Tua Cuma Rp35 Ribu, Enak dan Kenyang
Hanya dengan Rp35 ribu, Anda bisa makan enak, sehat, praktis dan kenyang. Dengan jumlah uang sebesar itu, Anda bisa membuat resep tangggal tua, seperti Sarden Kremes. Foto/YouTube.
A A A
JAKARTA - Hanya dengan Rp35 ribu, Anda bisa makan enak, sehat, praktis dan kenyang. Dengan jumlah uang sebesar itu, Anda bisa membuat resep tangggal tua , seperti sarden kremes, tumis kangkung tempe dan sayur asem.

Tiga hidangan ini cocok untuk menu makan sekeluarga dan Anda yang sedang berhemat karena tanggal tua. Tertarik untuk membuatnya? Dikutip dari YouTube Devina Hermawan, berikut resep Sarden Kremes, Tumis Kangkung Tempe dan Sayur Asem.



1. Sarden kremes
Bahan-bahan:
1 kaleng sarden
235 gr tepung sagu
30 gr tepung beras
1 butir telur
½ sdt baking powder
500 ml ungkepan atau 500 ml air + 3 siung bawang putih halus + 1 sdt kunyit bubuk
1 sdt garam
¼ sdt merica
½ sdt penyedap
Tepung terigu
Minyak

Cara membuat:
Tiriskan ikan sarden kemudian bilas dan keringkan di atas tisu dan beri taburan tepung terigu di kedua sisinya. Campurkan tepung sagu, tepung beras, telur, baking powder, air, bawang putih halus, kunyit bubuk, garam, dan merica hingga tercampur rata.

Celupkan sarden, kemudian goreng dengan minyak panas lalu tuang adonan kremesan sedikit demi sedikit sambil diaduk, goreng hingga keemasan. Goreng juga sisa adonan untuk topping kremesan hingga kuning keemasan. Sajikan.

2. Tumis kangkung tempe
Bahan-bahan:
100 gr tempe, goreng
1 ikat kangkung
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
3 cm kencur
6 cabai rawit
½ buah tomat, potong
1 batang daun bawang, iris
1 cabai merah, iris
1 sdt garam
½ sdt merica
2 sdt gula
½ sdt penyedap
Air

Cara membuat:
Didihkan air kemudian beri sedikit gula dan garam lalu rebus sebentar kangkung dan bilas dengan air dingin. Ulek bawang putih, bawang merah, dan kencur hingga halus kemudian tambahkan cabai rawit, lalu ulek sebentar.

Panaskan sedikit minyak dan tumis bumbu yang sudah diulek hingga wangi dan tambahkan tomat lalu tumis sebentar. Tumbuk tempe goreng tapi tidak sampai hancur. Masukkan tempe tumbuk dan cabai merah ke dalam tumisan, aduk. Masukkan daun bawang dan kangkung lalu beri bumbu garam, merica, gula, penyedap, dan sedikit air kemudian matikan api. Sajikan.



3. Sayur asem
Bahan-bahan:
3 siung bawang merah, geprek
2 cm lengkuas, geprek
1 lembar daun salam
1 cabai merah, belah dua
5 jagung putren
1 labu siam besar, potong
100 gr kacang merah
30 gr daun tangkil
½ buah tomat
50 gr kacang tanah kupas
4 sdm asam jawa
80 gr gula merah
2 sdt garam
1200 ml air

Cara membuat:
Didihkan air di dalam panci dan masukan bawang merah, lengkuas, dan daun salam. Tumbuk kacang tanah, kemudian masukkan ke dalam panci rebusan bersama semua sayuran dan bahan lainnya. Masak hingga mendidih dan semua sayuran matang. Sajikan selagi hangat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)