Rambut Rontok? Kenali Penyebabnya agar Gampang Ditangani

Selasa, 19 Januari 2021 - 22:48 WIB
loading...
Rambut Rontok? Kenali Penyebabnya agar Gampang Ditangani
Rambut rontok menjadi masalah rambut yang paling umum terjadi. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Siapapun pasti menginginkan rambut yang sehat, bersinar, dan kuat. Namun kenyataannya, rambut rontok menjadi masalah rambut yang paling umum terjadi.

Rambut rontok bisa terjadi pada siapapun, baik pria maupun perempuan. Kerontokan dalam skala wajar tidak perlu dikhawatirkan. Karena, rambut Anda memang mengalami siklus pergantian dari rambut yang sudah mati ke rambut baru yang lebih sehat. Namun jika Anda mengetahui penyebabnya, penanganan rambut rontok akan jauh lebih mudah.



Berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari laman Boldsky.

1. Stres
Salah satu akibat dari stres yang berkepanjangan adalah kerontokan rambut. Dalam kondisi tersebut, penyaluran nutrisi di dalam tubuh jadi terhambat. Karena, tubuh sedang mengusahakan untuk keluar dari masa yang kritis tersebut.

2. Faktor Keturunan
Kemungkinan kerabat dekat Anda seperti bapak atau ibu memiliki kecenderungan rambut yang mudah rontok. Tidak hanya rambut rontok, faktor genetik juga dapat mengakibatkan penipisan rambut, di mana rambut Anda menjadi lebih tipis, halus, serta rapuh.

3. Terlalu Sering Menguncir Rambut
Jika Anda cenderung mengikat rambut terlalu ketat, hal tersebut dapat mengakibatkan rambut menjadi tertarik ke belakang. Jika hal ini terjadi terus-menerus, akar rambut akan melemah sehingga dapat mengakibatkan rambut lebih mudah rontok.

4. Penggunaan Alat Styling yang Terlalu Sering
Panas yang dihasilkan oleh catok, curler, maupun hair dryer akan mengenai rambut secara langsung dan merusak lapisan kutikula. Ketika lapisan rambut tersebut rusak, maka rambut pun akan kehilangan kelembabannya sehingga mudah rontok.



5. Masalah Tiroid
Bagi Anda yang memiliki masalah tiroid, hal tersebut dapat mengakibatkan kerontokan rambut. Ketika tubuh kekurangan hormon tiroid, maka Anda akan mengalami beberapa gejala kesehatan. Salah satunya adalah rambut yang mudah sekali rontok. Untuk mengatasinya, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung iodine.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2877 seconds (0.1#10.140)