Kamala Harris Dilantik Jadi Wapres AS, Desa di India Bersiap Adakan Perayaan

Rabu, 20 Januari 2021 - 16:18 WIB
loading...
Kamala Harris Dilantik Jadi Wapres AS, Desa di India Bersiap Adakan Perayaan
Poster Kamala Harris masih terpampang di jalan desa di India. Foto/Indian Express
A A A
THULASENDRAPURAM - Sebuah desa kecil di India yang hijau subur dan dikelilingi oleh sawah tampak begitu berseri-seri dengan gembira, beberapa jam sebelum Kamala Harris diambil sumpahnya sebagai Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS).

Harris akan mengukir sejarah sebagai perempuan pertama, perempuan kulit berwarna pertama dan orang pertama keturunan Asia Selatan yang memegang jabatan wakil presiden AS.

Di kampung halaman kakek dari pihak ibu Harris di Thulasendrapuram, sekitar 350 km dari kota pesisir selatan Chennai, warga desa sangat gembira dan bersiap untuk perayaan.



"Kami merasa sangat bangga bahwa seorang India terpilih sebagai wakil presiden Amerika," kata Anukampa Madhavasimhan (52), seorang guru, seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu (20/1/2021).

Untuk diketahui, kakek Harris pindah ke Chennai, ibu kota negara bagian Tamil Nadu, beberapa dekade lalu. Almarhum ibu Harris juga lahir di India, sebelum pindah ke AS untuk belajar di University of California.

Ia kemudian menikah dengan seorang pria asal Jamaika, dan mereka menamai putri mereka Kamala, kata Sansekerta untuk "bunga teratai".

Kamala Harris Dilantik Jadi Wapres AS, Desa di India Bersiap Adakan Perayaan


Menjelang pemilihan umum AS pada November lalu, penduduk desa di Thulasendrapuram telah mengadakan upacara di kuil Hindu utama untuk mengucapkan semoga sukses bagi Harris. Setelah kemenangannya, mereka menyalakan petasan dan membagikan permen serta bunga sebagai persembahan keagamaan.

Poster Harris masih menghiasi dinding di desa itu sejak pemilu presiden AS dan banyak dari warga di sana berharap Harris akan naik ke kursi presiden pada tahun 2024 mendatang. Presiden AS terpilih, Joe Biden, telah menjawab pertanyaan tentang apakah dia akan mencalonkan diri kembali atau pensiun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)