Iwan Fals Cerita Lagu Oemar Bakrie Awalnya Diberi Judul ‘Abdul Gani’

Rabu, 20 Januari 2021 - 19:36 WIB
loading...
Iwan Fals Cerita Lagu Oemar Bakrie Awalnya Diberi Judul ‘Abdul Gani’
Penyanyi living legend musik tanah air Virgiawan Listanto atau dikenal dengan nama Iwan Fals bercerita di balik lagu Oemar Bakrie miliknya yang begitu populer. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Penyanyi living legend musik tanah air Virgiawan Listanto atau dikenal dengan nama Iwan Fals bercerita di balik lagu Oemar Bakrie miliknya yang begitu populer.

Lewat konten YouTube Ngalor Ngidulnya episode 8, Iwan Fals mengatakan awalnya lagu tersebut berjudul “Abdul Gani”. Namun, dia punya alasan tersendiri mengganti judul lagu tersebut menjadi "Oemar Bakrie".



“Nama asli nya Abdul Gani, tapi karena teman saya keberatan pakai nama Abdul Gani karena ayahnya atau bapaknya namanya Abdul Gani, terpaksa saya rubah ‘Oemar Bakrie’. Awalnya itu, Walaupun ternyata yang pakai nama Oemar Bakrie juga banyak, tapi ya sudah lah, “ujar Iwan Fals dalam channel Youtube NGALOR NGIDULNYA IWAN FALS Musica Studio - GURU OEMAR BAKRIE | EPS. 8 dikutip SINDOnews.com, Rabu (20/1)
Baca Juga: Video Musik Boom NCT Dream Raih 100 Juta Penayangan

Suami Rosanna atau yang akrab disapa Mbak Yos ini juga memberikan penjelasan mengenai lagu tersebut yang berbicara seorang guru. Dalam lagu itu, Oemar Bakrie disampaikan Iwan Fals memiliki sikap yang baik dan begitu peduli dengan murid-muridnya.

Baca Juga: Tewas Telanjang di Jalan, Selebgram Cantik Alexis Sharkey Dinyatakan Dibunuh

“Lagu ‘Oemar Bakrie’, beliau adalah seorang guru yang baik, sederhana, bersahaja, ramah sama murid-muridnya. Sebenarnya cukup bijaksana juga. Tapi, karena gajinya dipotong sana sini untuk pengeluaran ini itu oleh pihak lain,” jelas Iwan.

“Dan muridnya saat itu lagi senang-senang tawuran, beliau agak sedikit panik, stres juga karena mikirin kesejahteraannya dan murid-muridnya. Karena saat lagu dibuat, lagi tren tuh perkelahian pelajar di mana-mana di kota besar,” sambung dia.

Sementara, tak hanya berbicara mengenai lagu Oemar Bakrie, Iwan Fals juga menyinggung dunia pendidikan di Tanah Air, terutama masalah kualitas dan mutu pendidikan di masa pandemi, dimana pemerintah masih bisa memenuhi kewajiban APBN sebesar 20 persen untuk anggaran pendidikan untuk 3 atau 4 juta guru dan 45 juta siswa di Indonesia sebesar Rp549,5 triliun.



“Tapi yang menjadi aneh buat saya kenapa kok prestasi pendidikan kita masih buncit terbelakang dari 80 negara, kita nomor 9 atau 7 terakhir mengenai mutu pendidikan. Apakah biaya 20 persen itu enggak efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam hal ini kualitas guru harus lebih ditingkatkan lagi," paparnya.

"Mudah mudahan kita berdoa anggaran bisa sampai 50 persen anggarannya karena ini penting atau cukup 20 persen karena Oemar Bakrie dulu mikirin sepeda sekarang Oemar Bakrie mikirin kreditan motor dan rumah ditengah kita kekurangan 1 juta tenaga pengajar semoga kesejahteraan, mutu dan infrastruktur pendidikan bisa lebih baik kedepan,” sambung Iwan.

Untuk diketahui, lagu “Oemar Bakrie” dirilis Iwan Fals pada 1981 silam. Lagu ini begitu populer lantaran dianggap cocok dengan pesan anti kemapanan dan memperjuangkan rakyat kecil.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)