Waspada Covid Tongue, Gejala Covid-19 yang Menyerupai Sariawan

Senin, 01 Februari 2021 - 08:31 WIB
loading...
Waspada Covid Tongue, Gejala Covid-19 yang Menyerupai Sariawan
Seorang ilmuwan telah memperingatkan tentang gejala lain covid-19, yang ada dalam mulut. Gejala ini diketahui sebagai Covid tongue yang menyerupai sariawan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Gejala Covid-19 biasanya berupa demam tinggi, batuk dan kehilangan indra perasa atau penciuman. Tetapi, seorang ilmuwan telah memperingatkan tentang gejala lain di dalam mulut Anda. Gejala ini diketahui sebagai Covid tongue yang menyerupai sariawan.

Profesor Tim Spector, yang menjalankan aplikasi ZOE Covid Symptom Study mengatakan salah satu gejala Covid yang kurang umum berkembang di mulut. Sekira 20% dari semua pasien menunjukkan gejala yang tidak ada dalam daftar resmi gejala virus corona baru.

Baca juga: Vaksin Ini Diklaim Mampu Melawan Berbagai Varian Virus Corona, Benarkah?
"Setiap ruam kulit baru atau sariawan bisa disebabkan oleh Covid-19," kata Spector dilansir dari Express, Senin (1/2).

Spector memperingatkan bahwa beberapa orang mungkin mengembangkan Covid tongue. Di mana satu dari lima pasien Covid-19 memiliki gejala yang kurang umum yang tidak masuk daftar resmi seperti ruam kulit.

"Melihat peningkatan jumlah Covid tongue dan sariawan yang aneh. Jika Anda memiliki gejala yang aneh atau bahkan hanya sakit kepala dan kelelahan tetaplah di rumah," jelas Spector, seorang profesor epidemiologi genetik di King's College London.

Beberapa orang telah mengibaratkan kemunculan Covid tongue dengan kondisi lain yang dikenal dengan Geographic tongue. Yang terakhir adalah kondisi peradangan yang mempengaruhi permukaan lidah. Ini menyebabkan bercak berkembang di seluruh lidah yang tampak mirip dengan peta.

Baca juga: Ingin Liburan Makin Berkesan, Cobain Tur Helikopter Spektakuler di Berbagai Dunia

Meskipun kondisinya mungkin terlihat mengkhawatirkan, itu sama sekali tidak berbahaya, dan biasanya sembuh sendiri dalam beberapa hari atau minggu. Tetapi jika Anda memiliki Covid tongue bersama dengan salah satu dari tiga gejala virus corona baru yang utama, Anda harus segera menjalani tes Covid-19.

Adapun tiga gejala utama Covid-19 yang harus diwaspadai termasuk demam tinggi, batuk terus menerus, atau hilangnya rasa atau bau. Kebanyakan orang yang terinfeksi Covid-19 memiliki setidaknya satu dari gejala ini.
(tdy)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1089 seconds (10.177#12.26)