Sering Sakit Kepala di Bagian Belakang? Hati-Hati Kolesterol Tinggi

Rabu, 03 Februari 2021 - 05:03 WIB
loading...
Sering Sakit Kepala di Bagian Belakang? Hati-Hati Kolesterol Tinggi
Seringnya sakit kepala di bagian belakang kepala merupakan tanda peringatan tingginya kolesterol. / Foto: WebMD
A A A
JAKARTA - Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam darah yang memberikan banyak manfaat kesehatan, seperti membangun sel. Kolesterol tinggi, di sisi lain, menyiratkan memiliki terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah. Kolesterol LDL adalah bentuk kolesterol berbahaya yang dapat menyumbat arteri, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung .

Baca juga: Covid-19 Bisa Menyebabkan Stroke Tanpa Faktor Risiko

Proses berbahaya ini sering kali tidak terdeteksi tetapi kolesterol tinggi tidak sepenuhnya tanpa gejala. Menurut badan perawatan kesehatan Medicover Hospitals, seringnya sakit kepala di bagian belakang kepala merupakan tanda peringatan tingginya kolesterol.

"Penyumbatan pembuluh darah di daerah sekitar kepala menyebabkan sakit kepala di bagian belakang kepala," kata Medicover Hospitals seperti dikutip Daily Express, Selasa (2/2).

"Ini terjadi saat pembuluh darah tersumbat oleh plak kolesterol. Jika dibiarkan, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan stroke," lanjutnya.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah memiliki kolesterol tinggi adalah dengan melakukan tes darah. Menurut National Health Service (NHS), dokter akan menyarankan untuk menjalani tes jika menurut mereka kadar kolesterol Anda tinggi.

"Ini mungkin karena usia Anda, berat badan atau kondisi lain yang Anda miliki (seperti tekanan darah tinggi atau diabetes)," jelas badan kesehatan tersebut.

Baca juga: Olahraga Terbaik untuk Penderita Diabetes, Bersepeda hingga Menari

NHS merekomendasikan meminta dokter untuk tes kolesterol jika belum pernah melakukan tes sebelumnya dan Anda berusia di atas 40 tahun, kelebihan berat badan, atau kolesterol tinggi atau masalah jantung terjadi dalam keluarga Anda.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2510 seconds (0.1#10.140)