Mengapa Photocard Idol K-Pop Banyak Diburu Padahal Harganya Sampai Jutaan Rupiah?

Kamis, 11 Februari 2021 - 17:16 WIB
loading...
Mengapa Photocard Idol K-Pop Banyak Diburu Padahal Harganya Sampai Jutaan Rupiah?
Photocard BTS termasuk yang banyak diburu penggemar K-pop dari seluruh dunia. Foto/Allkpop
A A A
AMERIKA SERIKAT - Belakangan ini makin ngetren kebiasaan mengoleksi photocard (foto berukuran sedang yang bisa masuk ke dalam dompet) di kalangan para pencinta K-pop.

Photocard biasanya diberikan sekaligus dalam sebuah album atau sebagai bonus dari paket merchandise, dan lainnya. Biasanya, satu album K-pop dibuat dalam beberapa versi, membuat total koleksi photocard pun bisa mencapai ratusan, bahkan ribuan jika digabungkan dengan seluruh paket merchandise dan paket lainnya.

Mengutip South China Morning Post , misalnya saja kalau kamu membeli album NCT yang dirilis tahun lalu, yaitu "NCT Resonance Pt. 1 - The 2nd Album", maka akan ada banyak photocard dari ke-23 member NCT. Kalau kamu beli Army Bomb (lighstick BTS), maka kamu juga bisa mendapatkan photocard ketujuh member-nya.

Mengapa Photocard Idol K-Pop Banyak Diburu Padahal Harganya Sampai Jutaan Rupiah?

Foto: SCMP

Kalau kamu tidak punya duit untuk membeli album atau paket merchandise, tapi tetap mau punya koleksi photocard, maka selalu ada jalan untuk mendapatkannya lewat berbagai forum penggemar, terutama di dunia maya (media sosial).

Di forum-forum penggemar atau di akun media sosial K-popers, kamu akan dengan gampangnya menemukan kegiatan jual beli photocard atau patungan album. Nantinya, calon pembeli bisa memilih salah satu merchandise dari album tersebut, misalnya hanya membeli photocard member tertentu atau membeli CD-nya saja.

Heather Crabb, penggemar K-pop berusia 34 tahun di negara bagian Carolina Utara, Amerika Serikat (AS), punya koleksi photocard Girls' Generation/SNSD dari album "Oh!" yang beragam. Edisi cetakan pertama punya desain dengan bingkai putih di sekeliling bagian luar kartu. Sementara cetakan kedua tanpa bingkai putih. Album ini dirilis pada 2010.

"Ini koleksi yang langka karena pada album berikutnya, fotonya diganti dengan foto grup. Photocard dengan bingkai putih dijual rata-rata seharga USD60 (Rp839 ribu) hingga USD100 (Rp1,3 juta) pada tahun 2012," ujar Heather.

Mengapa Photocard Idol K-Pop Banyak Diburu Padahal Harganya Sampai Jutaan Rupiah?

Foto: SCMP

Heather menyebut, photocard termahal yang pernah dibelinya adalah photocard Jiyeon T-ara senilai USD165 (Rp2,3 juta). Foto ini ada di Season’s Greetings Calendar 2014. Yang lebih gila, pada minggu yang sama, dia melihat ada yang menjual photocard tersebut dengan harga USD300 atau Rp4,1 juta.

Baca Juga: 31 Istilah K-Pop dan Artinya yang Perlu Kamu Tahu

Menurut Nicole Tacos, 26, K-popers dari San Diego, California, mengoleksi photocard idol memberinya rasa puas. Apalagi dia mengoleksi foto-foto dari era yang berbeda dari beberapa idol dari grup yang berbeda.

"Ini semacam memorabilia untuk aku. Musik jadi bagian yang penting dalam hidup aku dan K-pop jadi sesuatu yang sangat memengaruhi perjalanan hidupku," kata Nicole yang mengoleksi photocard dari Atez Yunho, Bang Chan dari Stray Kids , S.Coups dari Seventeen , dan Yuta NCT.

Sementara Lex Armstrong, penggemar berusia 28 tahun dari Kanada mengaku sudah punya lebih dari seribu photocard. Biasanya, dia melakukan pre-order supaya bisa mendapatkan photocard yang dia mau. "Aku senang dengan komunitasnya dan senang berburu kartu-kartu langka," katanya beralasan.

Mengapa Photocard Idol K-Pop Banyak Diburu Padahal Harganya Sampai Jutaan Rupiah?

Foto: eBay

Lain lagi alasan yang diberikan Kimberly Gutierrez, penggemar BTS berusia 19 tahun dari California. Dia mengaku rela menghabiskan waktu dan uangnya untuk mengoleksi photocard BTS karena grup itu telah membantunya melewati depresi.

"Mereka menyelamatkan hidupku. Aku hampir bunuh diri, tapi mendengarkan (lagu-lagu) BTS membuat aku bahagia dan ingin hidup. Aku jadi lebih bahagia dengan mengoleksi photocard dan mendengarkan K-pop. Ini adalah keputusan terbaik yang pernah aku buat," katanya panjang lebar.

Menurut Terrica Mathis dari Austin, Texas, ada penjual profesional dari Korea Selatan yang memang sengaja berburu photocard, terutama yang ditandatangani atau yang langka, lalu menjualnya ke penggemar di luar Korea. Mereka juga punya mediator atau orang kedua dan juga punya pengikut yang banyak.

Mengapa Photocard Idol K-Pop Banyak Diburu Padahal Harganya Sampai Jutaan Rupiah?

Foto: SCMP

Tentunya, setelah produknya jatuh ke tangan reseller, harganya ditentukan oleh reseller tersebut berdasarkan permintaan atau popularitas dari grup atau idol itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4112 seconds (0.1#10.140)