Jangan Khawatir, Maskne Bisa Dicegah Melalui 8 Cara Berikut Ini

Sabtu, 13 Februari 2021 - 10:48 WIB
loading...
Jangan Khawatir, Maskne Bisa Dicegah Melalui 8 Cara Berikut Ini
Masker sangat berguna untuk melindungi masyarakat dari penyebaran Covid-19, namun di sisi lain juga dapat menimbulkan masalah terhadap wajah. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Sejak pandemi Covid-19 mendera, masyarakat diwajibkan menggunakan masker wajah saat ke luar rumah maupun berinteraksi dengan orang lain. Masker pun menjadi bagian keseharian masyarakat.

Baca juga: Yuk, Tiru Makeup Sehari-Hari Ala Mantan Finalis Idola Cilik Ini!

Masker sangat bergunauntuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus corona baru. Namun, di sisi lain juga dapat menimbulkan masalah, khususnya bagi pemilik wajah yang sensitif yang mudah berjerawat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology melaporkan bahwa setidaknya 83% petugas kesehatan di Hubei, China mengalami masalah kulit di wajah.

"Kasus baru untuk jerawat belakangan mencapai rekor tertinggi selama saya menjalankan praktik dokter kecantikan dan kebanyakan di antara mereka menghubungi saya lewat pesan online karena takut datang langsung ke klinik di masa pandemi ini," ujar dr. Wahyu Triasmara, pemilik klinik kecantikan DrW Skincare Indonesia, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/2).

Menurutnya, kondisi semacam ini bisa saja terjadi karena masker dapat memperburuk masalah kulit yang sudah ada atau menimbulkan masalah baru. Terlebih dengan cuaca di negara kita yang cukup panas dapat mengakibatkan risiko munculnya jerawat baru menjadi lebih besar.

Jangan Khawatir, Maskne Bisa Dicegah Melalui 8 Cara Berikut Ini


Lalu bagaimana cara untuk mencegah timbulnya masalah wajah seperti jerawat akibat masker wajah yang dalam dunia kedokteran disebut Maskne ini? Dokter Wahyu Triasmara pun membagikan tips berikut dari.

1. Pilih masker yang tepat

Saat ini banyak sekali masker yang dijual di pasaran dengan berbagai macam jenis bahan. Namun, disarankan memilih masker dengan bahan 100% terbuat dari cotton, yang sudah sesuai dengan standar protokol kesehatan.

"Bahan ini memungkinkan kulit kita bisa bernapas di saat suhu meningkat dan produksi keringat banyak. Sedia lebih banyak masker agar lebih simpel saat berganti-ganti," ungkap dr. Wahyu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1506 seconds (10.55#12.26)