Redakan Flu dengan Konsumsi Makanan yang Kaya Flavonoid Berikut Ini!

Senin, 15 Februari 2021 - 18:31 WIB
loading...
Redakan Flu dengan Konsumsi Makanan yang Kaya Flavonoid Berikut Ini!
Kandungan flavanoid pada buah apel dan anggur efektif untuk meredakan influenza. Foto/healthline.com
A A A
JAKARTA - Flavonoid merupakan senyawa polifenol nabati yang memiliki berbagai manfaat kesehatan, diantaranya aktivitas antivirus yang berguna untuk melawan influenza .Selain itu, senyawa ini tidak hanya membantu melawan patogen tetapi juga menghambat replikasinya, mengatur sistem kekebalanhingga meningkatkan mikrobioma usus. Flavonoid biasanya banyak ditemukan di beberapa buah dan sayuran. Beirkut adalah beberapa makanan yang kaya akan flavonoid seperti dilansir Boldsky:

Baca Juga : Akhirnya, Vaksin Sinovac Aman untuk Komorbid, Ibu Menyusui, dan Penyitas COVID-19

1. Apel dan kulitnya

Apel kaya akan kandungan flavonoid seperti kaempferol dan quercetin sedangkan kulitnya kaya akan luteolin. Kandungan flavonoid tersebut diketahui memiliki efek antireplikatif dan anti infeksi terhadap beberapa virus dan virus influenza.

2. Anggur merah

Senyawa Flavonoid yang paling umum ditemukan dalam anggur merah adalah antosianin, flavonol, katekin, dan proantosianidin. Perlu diketahui, Kandungan Antosianin hanya bisa ditemukan pada buah anggur merah dan tidak ada di jenis buah anggur lainnya.

3. Blackberry

Blackberry mempunyai kandungan antioksidan yang kuat karena adanya flavonoid dalam jumlah yang besar seperti flavon, flavonol dan antosianidin.

Baca Juga : Gigi Anak Rawan Berlubang, Begini Cara Mencegahnya!

4. Jeruk

Kandungan Flavonoid dalam jeruk diyakini dapat membantu meringankan gejala flu seperti mual dan batuk. Jeruk yang dibuat jus tanpa pemanis tambahan juga kaya flavonoid dan dapat membantu mengobati infeksi virus.

5. Wortel

Wortel memiliki senyawa flavonoid penting seperti quercetin, myricetin, naringenin, kaempferol, rutin, apigenin dan luteolin. Senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan, anti inflamasi dan anti virus.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5357 seconds (0.1#10.140)