Siti Zainah Hamil dan Melahirkan Dalam Waktu Singkat, Begini Penjelasan Dokter

Selasa, 16 Februari 2021 - 07:01 WIB
loading...
Siti Zainah Hamil dan Melahirkan Dalam Waktu Singkat, Begini Penjelasan Dokter
Siti Zainah membuat heboh warganet karena mengklaim perutnya tiba-tiba hamil dan melahirkan dalam waktu 1 jam. Dalam ilmu kedokteran, ini disebut cryptic pregnancy. Foto/news-medical.
A A A
JAKARTA - Siti Zainah membuat heboh warganet karena mengklaim perutnya tiba-tiba hamil dan melahirkan dalam waktu 1 jam. Wanita asal Cianjur, Jawa Barat ini pun mengaku tidak merasakan tanda-tanda kehamilan.

Dalam ilmu kedokteran, hamil dalam waktu singkat disebut cryptic pregnancy atau hamil samar. Di mana sang ibu tidak menyadari kehamilannya, kemudian tiba-tiba melahirkan.


Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit YARSI, dr. Aziz Fahrudin, Sp.OG mengatakan cryptic pregnancy bisa saja terjadi kepada wanita yang tidak menyadari bahwa dia sedang mengandung.

"Karena (cryptic pregnancy) ada faktor, seperti pendidikan obesitas, penggunaan pil KB, pasien PCOS wanita yang haidnya mundur lebih dari tiga bulan, dan lainnya," kata dr. Aziz kepada MNC Portal.

Dokter Aziz menjelaskan, yang dimaksud faktor pendidikan adalah tidak sadar pentingnya tanda-tanda kehamilan, termasuk yang tidak memerhatikan siklus menstruasinya selama ini.

Kemudian karena ada masalah terhadap kesehatan ibu, bayi yang dilahirkan bisa saja menjadi cacat. Artinya selama kehamilan janin jarang bahkan tidak diperiksa kondisi kesehatannya.

"Bisa terjadi kemudian, tapi tidak selalu. Artinya lahirnya akan diterima apa adanya," terangnya.


Sebelumnya, cryptic pregnancy juga pernah terjadi di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 2020 lalu. Dikutip dari tayangan Buletin iNews 21 Juli 2020, wanita bernama Heni Nuraini hamil dan melahirkan dalam waktu 1 jam.

Hanya dalam hitungan 1 jam lebih, perut sang Ibu tiba-tiba membesar dan melahirkan bayi laki-laki. Apalagi ia mengaku tidak merasakan tanda-tanda kehamilan selama 11 bulan terakhir, dan tidak pernah memeriksakan diri ke bidan atau Puskesmas terdekat.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2000 seconds (0.1#10.140)