Ini Kutipan Sejumlah Hadits Tentang Masa Muda, Jangan Sia-siakan Waktumu!

Kamis, 18 Februari 2021 - 11:41 WIB
loading...
Ini Kutipan Sejumlah Hadits Tentang Masa Muda, Jangan Sia-siakan Waktumu!
Memanfaatkan masa muda dengan baik dan jangan mensia-siakan masa muda akan menjadi topik pembicaraan dalam program Dai Muda RCTI+ episode 58. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Memanfaatkan masa muda dengan baik dan jangan mensia-siakan masa muda akan menjadi topik pembicaraan dalam program Dai Muda RCTI+ episode 58 bersama Muhammad Vickry. Dai Muda tayang secara eksklusif di RCTI+ setiap Rabu & Jum’at pukul 15.30 WIB.

Baca juga: Kenali Enam Gejala Darurat dari Hipertensi yang Mematikan

Di episode tersebut, Muhammad Vickry yang merupakan Hafiz muda, bakal memberikan pandangan, pengetahuan serta arti dari hadits-hadits mengenai masa muda.

Salah satunya adalah dari Ibnu 'Abbas. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara : Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, Hidupmu sebelum datang kematianmu." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir).

Apa yang dilakukan di dunia nantinya akan diminta pertanggung jawaban, apa yang dilakukan di dunia, masa muda dihabiskan untuk apa. Masa muda termasuk ke dalam masa emas, masa muda nanti nya diminta pertanggung jawaban secara khusus karena masa muda benar-benar diperhatikan dan anak muda adalah generasi penerus.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu)."

"Di masa muda kemauan dan kemampuan terkumpul jadi satu dan Allah SWT memudahkan kita untuk terus beramal," ucap Muhammad Vickry. Selengkapnya mengenai memanfaatkan masa muda, bisa viewers saksikan kembali Dai Muda eksklusif di RCTI+ melalui link ini: https://www.rctiplus.com/programs/989/dai-muda/episode/20968/waktu-muda-yang-sia-sia .

Baca juga: Perubahan Kebiasaan Buang Air Bisa Jadi Gejala Diabetes

Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lainnya atau melalui link https://www.rctiplus.com .
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)