Hilang Pendengaran secara Perlahan Bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2

Rabu, 24 Februari 2021 - 01:24 WIB
loading...
Hilang Pendengaran secara Perlahan Bisa Jadi Gejala Diabetes Tipe 2
Kehilangan pendengaran secara perlahan bisa menjadi gejala diabetes tipe 2. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kehilangan pendengaran secara perlahan bisa menjadi gejala diabetes tipe 2 . Hubungan pasti antara gangguan pendengaran dan diabetes tidak sepenuhnya jelas, tetapi bisa disebabkan oleh kerusakan saraf pada saraf pendengaran.

Melansir laman Express, Selasa (23/2), memiliki gula darah tinggi yang berkepanjangan dapat memengaruhi suplai darah atau oksigen ke saraf dan pembuluh darah di dalam telinga. Seiring waktu, pembuluh darah ini menjadi rusak, yang memengaruhi kemampuan pasien untuk mendengar dengan baik. Diabetes telah dikaitkan dengan perkembangan masalah pendengaran dalam berbagai penelitian.



Studi menunjukkan bahwa gangguan pendengaran dua kali lebih umum pada orang yang menderita diabetes dibandingkan mereka yang tidak. Studi telah menganalisis data dari tes pendengaran orang dewasa antara usia 20 dan 69 tahun.

Mereka menyimpulkan bahwa diabetes dapat menyebabkan gangguan pendengaran dengan merusak saraf dan pembuluh darah. Penelitian serupa menunjukkan kemungkinan adanya hubungan antara gangguan pendengaran dan kerusakan saraf.

“Beberapa orang mungkin mengalami gejala dan tanda diabetes yang lebih tidak biasa. Biasanya rentang dan kombinasi gejala yang berbeda yang akan dialami pasien sebelum didiagnosis dengan diabetes dan akan bervariasi dari kasus ke kasus," kata Dr Amy Bibby.

Pembuluh darah bisa rusak jika penderita gula darah tinggi. Kehilangan pendengaran bisa menjadi gejala pra-diabetes lain yang lebih tidak biasa pada mereka yang memiliki gula darah lebih tinggi.

"Ini karena pembuluh darah serta saraf telinga lebih mungkin rusak dan karena itu menyebabkan hilangnya pendengaran," jelas Dr Bibby.

Diketahui bahwa gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk telinga. Jika Anda menderita diabetes dalam waktu lama dan tidak terkontrol dengan baik, mungkin ada kerusakan pada jaringan pembuluh darah kecil yang luas di telinga.



Bukti menunjukkan bahwa wanita dengan diabetes mungkin mengalami gangguan pendengaran lebih besar daripada mereka yang tidak menderita diabetes. Ini juga berlaku untuk wanita dengan diabetes yang terkontrol dengan baik.

Komplikasi lain dari diabetes adalah kerusakan saraf yang dapat memengaruhi saraf pendengaran yang menyebabkan gangguan pendengaran.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1037 seconds (0.1#10.140)