Jadi Duta Satgas Toilet Indonesia Bentukan Sandiaga Uno, Ini yang Akan Dilakukan Lady Marsella

Rabu, 24 Februari 2021 - 23:26 WIB
loading...
Jadi Duta Satgas Toilet Indonesia Bentukan Sandiaga Uno, Ini yang Akan Dilakukan Lady Marsella
Artis Lady Marsella dinobatkan sebagai Duta Satuan Tugas (Satgas) Toilet Indonesia. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Artis Lady Marsella dinobatkan sebagai Duta Satuan Tugas (Satgas) Toilet Indonesia. Pembentukan Satgas Toilet Indonesia (STI) di berbagai wilayah Indonesia terus dikampanyekan oleh Sandiaga Uno sejak menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI beberapa bulan lalu.

Lady Marsella yang dikenal sebagai artis dan pengusaha ini merasa tersanjung dinobatkan sebagai Duta STI pada Jumat (20/2/2021) lalu.
“Alhamdulillah aku dipercaya menjadi Duta Satgas Toilet Indonesia, ini suatu anugerah dan kebanggaan tersendiri buat aku. Insya Allah aku akan jalankan tugas dan amanah sebagai Duta Satgas Toilet Indonesia dengan baik,” kata Lady Marsella, Rabu (24/2/2021).

Lady mengatakan, tugas yang akan dilakukannya adalah membenahi toilet di kawasan destinasi pariwisata Indonesia. Ia mengajak komunitas disabilitas untuk mengikut kampaye kebersihan dan kelayakan serta kenyamanan untuk penyandang disabilitas.

Sementara itu, Ketum Satgas Toilet Indonesia Anthoney Lau, mengungkapkan, dinobatkannya Lady Marsella sebagai Duta Satgas Toilet Indonesia lantaran memiliki komitmen dan semangat tinggi untuk membenahi toilet di tempat pariwisata. Toilet bisa menjadi salah satu sumber penyakit bila tidak terurus dengan baik, apalagi sekarang lagi pandemi Covid-19.



Karena itu, kebersihan toilet di tempat pariwisata sangat diperlukan agar para wisatawan bisa terbebas dari penyakit menular seperti diare maupun Covid-19. Harapannya, geligat ekonomi di tempat pariwisata bisa kembali tumbuh.

“Kami mengajak masyarakat untuk ikut berkampanye betapa pentingnya menjaga kebersihan di toilet agar terbebas dari penyakit,” jelas Anthoney.

Diketahui, Satgas Toilet Indonesia resmi dibentuk pada Minggu (7/2/2021) lalu oleh Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno. Satgas ini bakal bekerja di seluruh obyek pariwisata di Indonesia.

Langkah ini diambil demi menjaga kebersihan toilet dan secara tidak langsung menjaga reputasi pariwisata Indonesia. “Satgas Toilet Indonesia yang kami gagas merupakan konsep dari penyiapan destinasi wisata tidak hanya dari sisi infrastruktur yang terlihat tapi juga dari fasilitas penunjang berupa toilet,” kata Sandiaga.

(Baca juga: Sandiaga dan Yasonna Rumuskan Visa Long Term untuk Wisawatan Asing)

Sandiaga mengaku sudah melihat di beberapa destinasi pariwisata dan mereka telah membentuk sendiri satgas toilet. Karena itu, Kemenparekraf akan menyerahkan kepada komunitas masing-masing untuk menjalankan satgas toilet dengan seragam coklat.

Mereka disebut sebagai pasukan coklat untuk membentuk menciptakan destinasi wisata yang bersih, sehat, dan aman. “Saya nanti akan jadi Chief Toilet Officer, nanti saya punya Deputi Satgas Toilet di setiap destinasi pariwisata di Indonesia. Ini yang kita harapkan untuk dijaga dan dirawat betul toiletnya sesuai dengan standar bermutu untuk menerima pariwisata mancanegara dan lokal,” imbuhnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2545 seconds (0.1#10.140)