Apartemen Taman Rasuna Dipilih Jadi Lokasi Program Vaksinasi Khusus Lansia

Senin, 01 Maret 2021 - 15:18 WIB
loading...
Apartemen Taman Rasuna Dipilih Jadi Lokasi Program Vaksinasi Khusus Lansia
Apartemen Taman Rasuna dipilij menjadi lokasi program vaksinasi khusus lansia. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Guna mendukung program pemerintah dalam menekan angka penularan dan penyebaran Covid-19, Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (P3SRS) Apartemen Taman Rasuna (ATR), Tim ATR Tanggap Covid-19 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta dan Puskesmas Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, mengadakan kegiatan pemberian Vaksin Covid-19 khusus Lansia (tidak dipungut biaya), setiap hari kerja (Senin-Jumat) selama 2 minggu, yang dimulai Senin(1/3/2021)

Program vaksinasi yang akan digelar di Lapangan Rumput Sebelah Tower 6 dkhusukan bagi warga yang berusia di atas 60 tahun. Mereka sebelumnya sudah mendaftar untuk divaksin akan diskrining kerapuhan terlebih dahulu saat di lokasi pemberian vaksin.



Menurut Kepala Puskesmas Setiabudi Gafar Hartatiyanto, Apartemen Rasuna merupakan venue bukan Fasyankes yang sering bekerjasama dengan Puskesmas Setiabudi, Jakarta Selatan. Selain itu terpilihnya Apartemen Taman Rasuna juga merupakan kampanye untuk para lansia yang tinggal di bangunan susun agar ikut vaksinasi.

“Apartemen Taman Rasuna merupakan venue bukan fasyankes yang memenuhi persyaratan untuk menjadi lokasi vaksinasi, terlebih kami di Puskesmas Setiabudi sering berkolaborasi untuk mengadakan kegiatan kesehatan di sana terlebih ini merupakan gerakan agar para lansia antusias mengikuti program vaksinasi,” ujar Gafar.



Gafar menyebutkan, nantinya diproyeksikan akan ada sekitar kurang lebih 6 ribu lansia yang mendapatkan vaksin Covid 19 ini, mereka terlebih dahulu akan menjalani skrinning untuk mengidentifikasi skor kerapuhan. “Bagi yang lolos skor kerapuhan mereka berhak mendapatkan vaksin,” tambahnya.

Apartemen Taman Rasuna Dipilih Jadi Lokasi Program Vaksinasi Khusus Lansia


Selain itu, Gafar juga mengimbau agar nantinya para lansia yang sudah divaksin agar tetap menerapkan protokol kesehatan 3 M antara lain memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak agar terhindar dari paparan virus atau tidak menjadi carrier dari virus.

“Kami mengimbau bagi yang nantinya sudah divaksin agar tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, karena divaksin tidak berarti terbebas dari virus, melainkan hanya menurunkan resiko keterpararn serta resiko gejalanya saja,” jelas Gafar.

Sementara itu, Manager ATR Yunita Irma menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan segala kebutuhan untuk menjadi vanue vaksinasi khusus lansia. “Kami mendukung dan sudah menyiapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi vanue vaksinasi Covid 19,” tandas Yunita.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1956 seconds (0.1#10.140)