Gelar Festival Tari, Ini yang Bakal Disuguhkan NYD

Selasa, 02 Maret 2021 - 21:22 WIB
loading...
Gelar Festival Tari, Ini yang Bakal Disuguhkan NYD
Tema tersebut berlatar dari manusia yang merupakan bagian tak terpisahkan dari alam. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Namarina Youth Dance (NYD) merupakan institusi pendidikan nonformal pertama di Indonesia yang bergerak di bidang seni tari balet, jazz dance dan kebugaran (fitness).

Baca juga: Pandemi Belum Berakhir, NYD Gelar Festival Tari Secara Virtual

NYD didirikan sejak 1956 oleh Almarhumah Nanny Lubis, yang mempunyai misi untuk turut serta membangun bangsa yang sehat dan kuat.

Sejak saat itu, NYD tidak pernah berhenti mengembangkan kegiatan balet, jazz dance, dan kebugaran (fitness) di Tanah Air. Hingga saat ini, NYD telah banyak menghasilkan guru dan penari balet, jazz dance serta instruktur senam yang andal dan berdedikasi tinggi di bidangnya.

Dalam rangka bertahan di tengah pandemi, festival tari yang biasa digelar NYD pun memiliki tema yang disesuaikan dengan keadaan. Mereka akan mengusung tema The Story of Man: In Search of A New Ideal pada pertunjukan yang akan dilaksanakan secara virtual pada 7 Maret mendatang.

Tema tersebut berlatar dari manusia yang merupakan bagian tak terpisahkan dari alam. Kemajuan manusia tidak terlepas dari kemampuannya untuk mengagumi, mempelajari, dan menanggapi alam sebagai sumber inspirasi di segala lini kehidupan.

"Pertunjukan kali ini menuturkan perjalanan umat manusia yang bisa beradaptasi dengan lingkungan, termasuk periode new normal," tutur Associate Artistic Director, Irrninta Dwitika pada Press Conference Virtual Dance Performance NYD dengan tema The Story of Man: In Search of New Ideals, Selasa (2/3).

Dia pun mengatakan, di masa pandemi NYD mengajak untuk merenungkan kembali apa saja yang sudah kita kerjakan selama ini, sehingga kita bisa belajar dari sejarah dan mencari solusi demi keberlanjutan hidup di masa depan.

"Jadi kita selalu menyesuaikan juga dengan situasi dan kondisi. Kebetulan karena lagi pandemi kita bisa kembangkan jadi sesuatu yang baru," ujarnya.

Sementara itu, Virtual Dance Performance NYD dengan tema The Story of Man: In Search of New Ideals ini akan dibagi menjadi 4 sesi utama, yang terdiri dari Babak 1: Man and Natura, Babak 2: Age of Reason, Babak 3: The 20 & 21 Century, Babak 4: The New Normal.

Baca juga: Artis Rina Gunawan Meninggal Dunia

The Story of Man: In Search of New Ideals ini akan dibawakan oleh 18 penari muda berbakat dari NYD dan akan bekerja sama dengan pekerja seni yang bergerak di bidang pendukung seni pertunjukan seperti virtual art, musik, dan tata panggung guna terus melancarkan roda kesenian di Indonesia.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)