Ngobrol bareng Pangeran tentang Aksara Jawa, Ikuti Live Streaming IG Live dan YouTube MNC Trijaya!

Rabu, 03 Maret 2021 - 12:10 WIB
loading...
Ngobrol bareng Pangeran tentang Aksara Jawa, Ikuti Live Streaming IG Live dan YouTube MNC Trijaya!
Kongres Aksara Jawa akan diselenggarakan tanggal 22-26 Maret 2021 di Yogyakarta. Radio Trijaya FM Networks menggelar Ngobrol Bareng, Rabu (3/3/2021) pukul 14.00 WIB bersama penyiar Riri Artakusumah. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Pengembangan kebudayaan sering terlupakan dalam perbincangan akhir-akhir ini, terlebih dengan pembatasan selama pandemi Covid-19 , pagelaran budaya yang mengumpulkan banyak orang terpaksa dialihkan ke ruang-ruang virtual.

Salah satu bentuk kebudayaan Jawa adalah aksara yang dikenal sebagai Hanacaraka. Aksara ini masih diajarkan di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur sebagai pelajaran muatan lokal.

Selain di bangku sekolah, aksara ini jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari secara umum, misalnya di media sosial maupun online, berbeda dengan aksara lainnya seperti Hanzi (Cina) dan Hangeul (Korea) yang bisa ditemui di gadget kita.

Untuk mengembangkannya, Kongres Aksara Jawa akan diselenggarakan tanggal 22-26 Maret 2021 di Yogyakarta. Siapa saja yang bisa mengikuti kegiatan tersebut? Bagaimana upaya mengenalkan Hanacaraka ke generasi muda?

Radio Trijaya FM Networks menggelar "Ngobrol Bareng" Rabu (3/3/2021) pukul 14.00 WIB bersama penyiar Riri Artakusumah.

Pendengar Trijaya bisa berdiskusi dengan narasumber Kanjeng Pangeran Haryo Notonegoro yang bertugas melestarikan dan mengembangkan kesenian di Kraton Yogyakarta, dan inisiator Kongres Aksara Jawa, Setya Amrih Prasaja, melalui Whats App 0812.111.1046.

Acara ini juga bisa diikuti secara live streaming di mnctrijaya.com, RCTI+, Youtube MNC Trijaya, dan Instagram @mnctrijayafm.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2466 seconds (0.1#10.140)