Keajaiban Membantu Tanpa Berharap

Rabu, 03 Maret 2021 - 16:29 WIB
loading...
Keajaiban Membantu Tanpa Berharap
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Menolong seseorang tidak selalu menggunakan harta ataupun uang. Menolong seseorang dapat dilakukan dengan waktu dan tenaga yang dimiliki.

Membantu dengan ikhlas dan tidak berharap imbalan menjadi topik pembicaraan di DAI MUDA RCTI+ episode 62, bersama Muhammad Vickry. DAI MUDA sendiri tayang eksklusif di RCTI+, setiap Rabu dan Jum’at pukul 15.30 WIB.

Terdapat suatu kutipan dalam Islam tentang tolong-menolong, “Barang siapa yang membebaskan seorang mukmin dari suatu kesulitan dunia, maka kelak Allah akan membebaskannya dari kesulitan pada hari kiamat”. Saat seseorang tolong menolong dan ikhlas melakukannya, akan banyak imbalan dari Allah SWT yang akan diberikan.

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Insan ayat ke 9, "Sesungguhnya kami memberi makan (membantu) kalian hanya untuk Allah, kami tidak mengharapkan balasan dari kalian dan tidak pula ucapan terima kasih."

Tolong-menolong harus dalam kebaikan seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Maidah ayat 2 yang artinya, “Tolong menolonglah kalian dalam kebaikan dan takwa, dan janganlah kalian tolong menolong dalam perbuatan dosa dan pelanggaran."

Segala bantuan yang diberikan harus dilandasi dengan keikhlasan. Ikhlas merupakan perbuatan yang sangat sulit. Terkadang manusia berbicara menggunakan lisan berkata ikhlas namun di dalam hati berbeda. Ikhlas dapat memurnikan ibadah seseorang kepada Allah SWT, sehingga tidak mengharapkan imbalan apapun selain ridho dari Allah SWT.

Sebuah hadits terkenal dari Umar bin Khathab R.A yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Amal tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya."

Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah”.

Selengkapnya mengenai penjelasan tentang membantu tanpa berharap, bisa viewers saksikan kembali DAI MUDA eksklusif di RCTI+ . Download aplikasi RCTI+ di Play Store dan App Store untuk bisa menikmati banyak konten seru lain atau melalui link https://www.rctiplus.com.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2925 seconds (0.1#10.140)