Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, Pemerintah Diminta Lakukan Langkah Ini

Kamis, 04 Maret 2021 - 08:12 WIB
loading...
Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, Pemerintah Diminta Lakukan Langkah Ini
Anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi mengaku prihatin dan sedih atas temuan B117 di Karawang, Jawa Barat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono telah mengonfirmasi bahwa varian baru virus Corona (Covid-19) dari Inggris, B117 telah ditemukan di Indonesia.

Terkait hal itu, anggota Komisi IX DPR RI Nurhadi mengaku prihatin dan sedih atas temuan B117 di Karawang, Jawa Barat. Untuk itu, dia meminta jajaran Kemenkes dan pemerintah untuk bekerja lebih keras lagi. "Karenanya selaku anggota DPR RI Komisi IX meminta kepada pemerintah, terutama jajaran Kemenkes RI untuk lebih lagi bekerja keras, melakukan langkah-langkah preventif, kuratif dan tindakan-tindakan yang terarah dan solutif," kata Nurhadi kepada wartawan, Kamis (4/3/2021).

Kemudian, Nurhadi melanjutkan, pemerintah harus melakukan pelacakan dan penelitian lebih lanjut untuk mengantisipasi penyebaran mutasi baru itu. Agar dapat segera diketahui secara pasti apakah perlakuan protokol kesehatan Covid-19 masih berlaku sama atau tidak bagi pasien yang teridentifikasi mutasi baru ini. Pengetatan pintu masuk ke Indonesia guna mencegah varian baru menyebar luas juga perlu dilakukan. "Monitoring di lapangan harus terus dilakukan oleh petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat termasuk Kementerian lembaga terkait bersama satgas Covid-19," pinta politikus Nasdem ini.

Untuk warga masyarakat, Nurhadi mengimbau agar tetap tenang dan tidak panik. Dengan ditemukannya varian baru Covid-19 ini, warga agar lebih disiplin melakukan protokol kesehatan (prokes) dan jangan pernah abai terhadap prokes ini. "Siapa saja bisa terinfeksi, untuk itu wujud ikhtiar kita adalah melakukan prokes 3M. Selain itu, dengan ini saya minta kepada Kemenkes RI untuk terus melakukan akselerasi proses vaksinasi, harus cepat, tepat dan terarah," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)